Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Cek Kesehatan Baterai (Battery Health) Pakai Aplikasi di Android

Cara cek kesehatan baterai menggunakan aplikasi Android

Baterai meruapakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang penting untuk untuk sebuah perangkat nirkabel. Banyak sekali perangkat nirkabel yang menggunakan baterai sebagai sumber utama dayanya seperti smartphone, laptop, power bank, smartwatch, dan masih banyak lagi.

Tanpa adanya baterai, perangkat seperti smartphone, laptop, powerbank, smartwatch tidak akan bisa menyala dan beroperasi. Untuk itu baterai termasuk dalam perangkat keras yang wajib ada para perangkat nirkabel.

Perkembangan baterai semakin moder, dari yang dahulu masih menggunakan baterai kancing hingga sekarang sudah menggunakan baterai yang bisa dicas. Sekarang kita akan fokus membahas tentang baterai yang ada di smartphone.

Smartphone merupakan salah satu benda wajib yang kita bawa ke manapun. Dengan smartphone kita bisa berkomunikasi, bersosialisasi, dan menikmati hiburan. Semakin lama, penggunaan smartphone kian terus meningkat. Banyak kegiatan yang harus menggunakan smartphone seperti pekerjaan, sekolah, bisnis, dan lain sebagainya.

Penggunaan smartphone yang terus meningkat ini membuat pengguna membutuhkan baterai smartphone yang besar agar smartphone tersebut bisa digunakan dalam waktu yang lama. Untuk itulah banyak smartphone sekarang yang memiliki baterai yang super besar beredar di pasaran.

Sebenarnya ada dua jenis baterai yang digunakan smartphone kebanyakan yaiti lion dan lipo. Kedua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baterai lion memiliki kelebihan yaitu harga yang lebih murah dan komponen penggantinya bisa didapatkan dengan mudah. Kekurangan baterai ion yaitu daya tahannya yang lumayan pendek jika dibandingkan dengan jenis baterai lipo.

Sementara baterai jenis lipo memiliki kelebihan yaitu jangka waktu masa pemakainnya lebih lama jika dibandingkan baterai lion. Sementara kekurangannya yaitu harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan baterai lion.

Namun kedua jenis baterai tersebut juga memiliki masa pakai. Masa pakai baterai pada smartphone tergantung dari pemakaian dari si pengguna itu sendiri. Semakin ekstrim penggunaannya, umur di baterai smartphone akan semakin pendek.

Kalian bisa membaca artikel cara merawat baterai smartphone yang sudah saya tulis sebelumnya.

Untuk bisa mengetahui kesehatan baterai smartphone, kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia.

Untuk iPhone snediri, sudah tersedia fitur untuk mengecek kesehatan baterai yang ada di menu pengaturan. Sementara untuk pengguna Android, kalian bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek kesehatan baterai (Battery Health) di smartphone Android.


Cek Kesehatan Baterai Menggunakan Device Info HW

Cara untuk mengecek kesehatan baterai di Android yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Device Info HW. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat mengecek perangkat keras (Hardware) yang ada di smartphone kita.

Di aplikasi ini kita bisa mengecek prosesor, RAM, layar, penyimpanan, sensor, dan masih banyak lagi. Kita juga bisa mengecek kesehatan baterai menggunakan aplikasi Device Info HW ini. Bagaimana caranya? ini dia caranya.

1. Pertama, unduh dan install aplikasi Device Info HW di Google Play Store. Jika sudah, buka aplikasi tersebut.

Cek kesehatan baterai pakai Device Info HW

2. Pada aplikasi Device Info HW terdapat beberapa opsi untuk melihat info hardware seperti sistem, penyimpanan, kamera, baterai, sensor, dan lain-lain. Karena kita akan melihat kesehatan baterai, pilih pada opsi baterai. Akan terlihat berapa kapasitas baterai maksimum (baterai smartphone saya sudah mengalami penurunan kapasitas dari kapasitas asli sebesar 4800mAh).

Cek kesehatan baterai pakai Device Info HW

Cara mengecek kesehatan baterai menggunakan Device Info HW seperti cara di atas dapat kalian lakukan di smartphone Android apapun. Tanpa perlu proses rooting.


Cek Kesehatan Baterai Menggunakan Terminal Emulator

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Terminal Emulator. Aplikasi ini membutuhkan akses rooting sebelum dapat menggunakannya. Terminal Emulator merupakan aplikasi yang mirip dengan CMD (terminal berbasis perintah).

Di aplikasi Terminal Emulator ini kalian bisa melakukan perintah apapun seperti halnya di CMD. Kita juga bisa mengecek berapa sisa kapasitas penuh baterai di smartphone kita. Berikut caranya.

1. Pertama, unduh dulu aplikasi Terminal Emulator di Android. Kemudian buka aplikasinya.

Cek kesehatan baterai pakai Terminal Emulator

2. Selanjutnya ketikkan "SU" untuk meminta perizinan akses root.

Cek kesehatan baterai pakai Terminal Emulator

3. Klik "Izinkan" untuk mengizinkan akses root di Terminal Emulator.

Cek kesehatan baterai pakai Terminal Emulator

3. Kemudian ketikkan perintah "cat/sys/class/power_supply/battery/charge_full" pada Terminal Emulator. Lalu klik enter. Presentase yang muncul adalah kapasitas maksimum baterai di smartphone kalian saat dalam keadaan penuh/full.

Cek kesehatan baterai pakai Terminal Emulator

Itu dia dua cara untuk mengecek kesehatan baterai di smartphone Android. Kini kalian bisa melihat berapa kapasitas maksimum baterai smartphone kalian sekarang. Jika kapasitas maksimumnya sudah sangat jauh dari kapasitas asli baterai, misal kapasitas asli baterai 5000mAh sedangkan kapasitas maksimum baterai sekarang 3000mAh berarti baterai tersebut sudah harus diganti.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "2 Cara Cek Kesehatan Baterai (Battery Health) Pakai Aplikasi di Android"

Berlangganan via Email