Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Cek Suhu Prosesor (CPU) Paling Akurat, Pakai dan Tanpa Software!

Cara cek suhu atau temperatur CPU secara akurat

PC merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari berbagai macam komponen di dalamnya seperti Motherboard, Prosesor (CPU), GPU, RAM, media penyimpanan, dan Power Supply. Semua komponen di dalam PC memiliki fungsinya masing-masing.

Motherboard berfungsi sebagai induk yang mengatur semua kinerja komponen dalam PC, Prosesor CPU berfungsi sebagai otak yang memproses semua pengolahan data dalam PC, GPU atau VGA berfungsi untuk pengolahan grafik yang bertugas menampilkan tampilan pada layar PC, RAM berfungsi sebagai pengolahan data primer pada PC, media penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data PC, dan yang terakhir Power Supply berfungsi sebagai sumber daya pada kompone PC.

Kini kita akan fokus membahas tentang CPU pada PC. CPU termasuk komponen di dalam PC yang memiliki suhu paling tinggi saat PC bekerja. Komponen yang satu ini bisa mencapai suhu lebih dari 100 derajat celcius saat sedang Full load. Jika CPU sampai mencapai suhu tinggi yang telah ditentukan, CPU akan mengalami Trothling bahkan restart sendiri demi menjaga agar tidak menjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mengatasi agar hal yang seperti itu tidak terjadi pada PC kita, kita sebagai pengguna harus rajin mengecek suhu CPU saat sedang menggunakan PC. Apalagi jika kalian merupakan pengguna yang ekstrim dalam menggunakan PC.


Cara Mengecek Suhu/Temperatur CPU dengan Menggunakan Software dan Tanpa Software

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memantau suhu CPU di PC. Bisa menggunakan bantuan software maupun tanpa menggunakan bantuan software. Kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk mengecek suhu CPU paling akurat. Berikut diantaranya.


1. Cek Suhu CPU Menggunakan HWMonitor

HWMonitor CPUID

Yang pertama adalah menggunakan software bernama HWMonitor. HWMonitor atau CPUID merupakan software pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memantau suhu CPU secara Real time. Software yang satu ini bisa kalian gunakan secara gratis dengan hanya mengunduhnya di website resmi mereka. Selain dapat mengecek suhu CPU, software ini juga bisa mengecek voltase, Clockspeed, dan lain-lainnya.


2. Cek Suhu CPU Menggunakan AIDA64

AIDA64

Yang kedua adalah menggunakan software bernama AIDA64. Software yang satu ini memiliki fitur yang terbilang cukup komplit. Dengan menggunakan software ini, kita bisa memantau beberapa informasi dari Hardware yang ada di PC kita. Banyak informasi yang bisa kita lihat seperti temperatur, voltase, kecepatan kipas, dan masih banyak lagi. Sayang, untuk membuka semua fitur AIDA64 kita diharuskan berlangganan.


3. Cek Suhu CPU Menggunakan Real Temp

Real Temp

Yang ketiga adalah menggunakan software bernama Real Temp. Software Real Temp ini khusus digunakan untuk para pengguna CPU Intel saja. Software ini menampilkan informasi tentang suhu CPU secara Real time. Selain itu, software ini juga menampilkan suhu tertinggi dan terendah pada CPU. Real Temp dapat digunakan secara gratis.


4. Cek Suhu CPU Menggunakan AMD Ryzen Master

AMD Ryzen Master

Yang keempat adalah menggunakan sofware bernama AMD Ryzen Master. Software ini khusus digunakan untuk para pengguna CPU AMD saja khususnya Ryzen. Software ini mampu memperlihatkan informasi CPU secara detail.

Pada dasarnya, AMD Ryzen Master ini adalah software yang dikhususkan untuk melakukan Overclocking pada CPU. Namun, kita juga bisa menggunakan software ini untuk memantau suhu CPU di PC kita. Software ini bisa kalian unduh di situs resmi ADM secara gratis.


5.Cek Suhu CPU Menggunakan Intel XTU

Intel Extreme Tuning Utility

Yang kelima adalah menggunakan software bernama Intel XTU. Intel XTU merupakan singkatan dari Intel Extreme Tuning Utility. Seperti dengan AMD Ryzen Master, software yang satu ini sebenarnya khusus digunakan untuk melakukan Overclocking pada CPU Intel. Intel XTU mampu menampilkan informasi CPU dengan detail, melakukan Benchmark, dll. Software ini juga bisa kalian dapatkan secara gratis di website resmi Intel.


6. Cek Suhu CPU Menggunakan MSI Afterburner

MSI Afterburner

Yang keenam adalah menggunakan software bernama MSI Afterburner. Kalian pasti sudah tidak asing dengan software yang satu ini. Software ini mempunyai banyak sekali fitur di dalamnya yang sangat bermanfaat.

Beberapa fiturnya yaitu dapat menampikan suhu CPU, Clockspeed, melakukan Overclock. Dan fitur yang paling menarik adalah software ini dapat digunakan untuk menampilkan informasi FPS (Frame per Second) di dalam game. MSI Afterburner bisa kalian dapatkan di website resmi MSI.


7. Cek Suhu CPU Menggunakan Bios

Yang ketujuh sekaligus yang terakhir adalah dengan menggunakan Bios. Ya, Bios bisa kita manfaatkan untuk melihat informasi tentang suhu, Clockspeed, dan voltase CPU secara lengkap dan detail. Kalian bisa masuk Bios dengan menyalakan lalu menekan tombol F2 atau F8 dengan cepat. Cara cek suhu CPU di Bios ini dinilai sebagai cara yang paling akurat selain menggunakan software.

Itulah dia ketutuh cara mengecek suhu atau temperatur Prosesor (CPU) PC paling akurat dengan menggunakan dan tanpa software. Manakah yang menjadi favorit kalian? kalau saya pribadi merekomendasikan HWMonitor. Selain fiturnya yang lengkap, software tersebut juga gratis.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "7 Cara Cek Suhu Prosesor (CPU) Paling Akurat, Pakai dan Tanpa Software!"

Berlangganan via Email