Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Defragment Harddisk agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Cara defragment HDD agar awet

Masih banyak komputer (PC) dan laptop yang menggunakan Harddisk (HDD) ketimbang Solid State Drive (SSD). HDD adalah sebuah perangkat keras (Hardware) pada komputer yang berguna sebagai media penyimpanan dan merupakan salah satu komponen terpenting dalam komputer.

HDD sendiri pertama kali diciptakan pada tahun 1956. Pada awalnya, kapasitas HDD tidak sebesar yang ada sekarang. Dahulu, HDD hanya memiliki kapasitas beberapa KB hingga MB saja. Sedangkan sekarang kita bisa dengan mudah menemukan HDD dengan kapasitas lebih dari 1000GB (1TB).

Kecepatan HDD dahulu juga tidak secepat sekarang. HDD terdiri dari beberapa komponen di dalamnya. Komponen yang paling penting dalam HDD adalah piringan. Di dalam HDD terdapat piringan yang berputar. Piringan tersebut yang bertugas untuk menyimpan data.

Semakin cepat piringan tersebut berputar, maka akan semakin cepat HDD. Sebaliknya, jika semakin lambat piringan itu berputar, maka HDD kita akan menjadi semakin lambat pula. Piringan yang ada di dalam HDD sangat rawan. Jika kita tidak hati-hati piringan tersebut akan berhenti berputar dan menyebabkan HDD rusak.


Cara Defragment Harddisk (HDD)

Kita bisa merawat agar HDD kita tidak cepat rusak dengan cara rajin melakukan Defragment. Apa itu Defragment?

Defragment adalah proses untuk menangani file yang mengalami fragmentasi. Sebuah file dikatakan terfragmentasi apabila letaknya saling berdekatan pada piringan HDD. Dengan melakukan Deframent, kita bisa membuat file yang terfargmentasi agar menjadi lebih renggang.

Jika file yang terfragmentasi sudah renggang, maka piringan HDD bisa berputar dengan normal. Dengan begitu HDD akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

Namun cara Defragment ini tidak berfungsi untuk perangkat media penyimpanan yang menggunakan Chip memori didalamnya seperti SSD, Micro SD, atau Flashdisk. Bisa dibilang Defragment ini hanya dapat digunakan pada Harddisk (HDD) saja.

Defragment ini tidak memerlukan software atau aplikasi khusus. Kita bisa memanfaatkan fitur Deftragment yang sudah windows sediakan. Dengan begitu cara ini akan menjadi lebih mudah. Selanjutnya, bagaimana cara melakukan Defragment?

1. Pertama, buka pencarian di taskbar windows. Kemudian ketikkan "Defragment". Kalian akan menemukan menu bernama "Defragment and Optimize Devices" lalu buka menu tersebut.

Defragment HDD

2. Maka akan langsung terbuka menu Optimize Devices. Langkah selanjutnya, klik pada bagian partisi yang ingin kalian Defrag. Klik dahulu pada opsi "Analyze" untuk menganalisa apa ada file yang terfragmentasi pada partisi tersebut atau tidak. Tunggu proses analisi hingga selesai, biasanya memakan waktu 1-5 menit.

Defragment HDD

3. Jika proses analisa sudah selesai, sekarang kalian akan menemukan apakah partisi kalian ada file yang terfragmentasi atau tidak. Jika ada, biasanya akan seperti di bawah ini. File yang terfragmentasi ditampilkan dalam bentu persen (%). Selanjutnya klik pada opsi "Optimize" untuk mengoptimasi file yang terfragmentasi.

Defragment HDD

4. Tunggu prosesnya hingga selesai, biasanya memakan waktu 10-15 menit.

Defragment HDD

5. Jika prosesnya telah selesai maka tampilannya akan seperti di bawah ini. Selanjutnya lakukan hal yang sama pada partisi lainnya di komputer kalian.

Defragment HDD

Dengan melakukan Defragment pada komputer kalian, Harddisk (HDD) di komputer/laptop kalian akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Kalian bisa melakukan Defragment ini secara rutin seminggu sekali.

Kalian juga bisa mengatur agar komputer/laptop menjalankan Defragment secara otomatis dengan cara menyalakan opsi "Scheduled optimization" yang ada di menu bawah. Jadwalkan untuk melakukan Defragment seminggu atau sebulan sekali agar HDD di komputer/laptop kalian terawat.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Defragment Harddisk agar Lebih Awet dan Tahan Lama"

Berlangganan via Email