Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti PowerShell Menjadi CMD (Command Prompt) di Windows

Mengubah PowerShell menjadi CMD (Command Prompt)

Bagi kalian pengguna Windows terutama Windows 10, pasti kalian tahu dan sering menjumpai Windows PowerShell. PowerShell adalah sebuah antamuka baris perintah yang dikembangkan oleh Microsoft. PowerShell menjadi antarmuka baris perintah default pada Windows 10 mulai dari Windows Update April 2018 hingga saat ini.

PowerShell pada awalnya bernama MSH (Microsoft Shell) namun mereka menggantinya dengan nama PowerShell.

Untuk kalian yang baru menggunakan Windows 10 mungkin agak asing dengan nama PowerShell. Hal ini juga pernah saya rasakan saat ingin Unlock Bootloader, saya bingung memasukkan perintah di PowerShell. Pada dasarnya, PowerShell hampir sama dengan CMD (Command Prompt) namun hanya sedikit berbeda.

Ada beberapa perbedaan antara PowerShell dan CMD (Command Prompt). Beberapa diantaranya ialah PowerShell dapat mengatur Registry ke Windows Management Instrumentation atau biasa disingkat WMI, sementara CMD (Command Prompt) tidak bisa melakukan ini.

Perbedaan kedua, PowerShell memiliki kemudahan dalam penulisan script dan bisa untuk mengelola sistem Windows, berbeda dengan CMD (Command Prompt) yang script nya lebih sulit dan pengoperasiannya sangat terbatas.

Sebenarnya PowerShell sudah ada sejak masa peluncuran Windows Vista, namun antarmuka baris perintah ini baru diluncurkan pada saat Windows 7. Alih-alih menggunakan PowerShell, di Windows 7 justru menggunakan CMD (Command Prompt) sebagai antarmuka baris perintah default.

Untuk kalian yang biasa menggunakan CMD (Command Prompt) mungkin akan kebingungan dalam menggunakan PowerShell ini.


Cara Mengubah PowerShell Menjadi CMD (Command Prompt)

PowerShell mempunyai perintah yang lebih mudah dan kegunaan yang lebih banyak ketimbang CMD (Command Prompt). Misalnya saja, PowerShell dapat digunakan oleh Administator Windows Server untuk menjalankan berbagai pengaturan Server.

Memang tak bisa dipungkiri kalau PowerShell memiliki segudang fitur dan kelebihan yang tidak ada di CMD (Command Prompt), namun tidak semua orang bisa menggunakan dan memahami perintah PowerShell.

Namun untuk kalian yang terbiasana menggunakan CMD (Command Prompt) atau masih bingung dalam menggunakan Windows PowerShell dan ingin menggunakan CMD (Command Prompt) sebagai antarmuka baris perintah di Windows, kalian bisa mengubahnya menggunakan cara di bawah ini.

1. Pertama, buka menu "Start" pada Windows dengan menekan icon di pojok kiri bawah layar atau langsung dengan menekan tombol Windows di keyboard. Selanjutnya klik icon "Settings".

Settings

2. Saat masuk ke menu Settings, klik pada opsi menu "Personalization".

Settings

3. Klik pada opsi menu "Taskbar" lalu nyalakan opsi "Replace Command Prompt With Windows PowerShell In The Menu When I Right Click The Start Button Or Press Windows Key+X".

Settings

4. Terakhir, silahkan coba denan cara klik kiri di bagian tombol Start atau dengan kombinasi tombol Windows+X.

Dengan mengganti PowerShell dengan CMD (Command Prompt), kalian akan lebih mudah untuk memasukkan perintah jika belum memahami Windows PowerShell. Kalian juga bisa mengganti lagi CMD (Command Prompt) menjadi PowerShell kembali dengan cara di atas.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Ganti PowerShell Menjadi CMD (Command Prompt) di Windows"

Berlangganan via Email