Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mematikan Hardware Acceleration pada Browser PC

Cara mematikan atau menonaktifkan Hardware Acceleration pada browser PC

Kecanggihan internet semakin lama semakin maju membuat browser memiliki banyak sekali fitur di dalamnya demi untuk meningkatkan kinerja dan pengalaman pengguna. Browser merupakan media untuk berselancar di internet. Dengan menggunakan browser kita bisa melakukan hal apapun yang kita inginkan seperti Browsing, Streaming, dan lain-lainnya.

Diantara browser PC yang paling sering digunakan adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Kedua browser ini telah dipakai hampir semua pengguna PC di dunia. Chrome dan Firefox tak henti-hentinya meningkatkan kinerja dan fitur pada browser mereka. Semua fitur standar ada di Chrome dan Firefox.

Namun pernahkah kalian mengalami lag atau patah-patah saat menggunakan browser Chrome dan Firefor? atau lambat dan delay saat mengetik? jika pernah, salah satu penyebabnya karena fitur Hardware Acceleration pada Chrome dan Mozilla menyala.

Hardware Acceleration atau (akselerasi perangkat keras) dalam Bahasa Indonesia adalah optimasi yang dilakukan browser untuk meningkatkan performa browser dengan cara menggabungkan kinerja CPU dan GPU secara bersamaan. Memang, sejatinya fitur ini diciptakan untuk membuat kegiatan apapun yang dilakukan pada browser menjadi lebih lancar. Namun, fitur Hardware Acceleration ini tidak serta merta berjalan dengan lancar tiap kali digunakan.

Ada kalanya fitur Hardware Acceleration ini tidak berjalan optimal bagi kebanyakan PC. Ada PC yang justru malah lambat atau lelet jika menggunakan fitur ini dan lancar bila fitur Hardware Acceleration dimatikan.

Untuk menguji apakah Hardware Acceleration di browser kalian aktif atau tidak, kalian bisa mengetik (chrome://gpu) tanpa tanda kurung pada browser chrome kalian. Jika tampilannya seperti gambar di bawah, berarti Hardware Acceleration di browser kalian menyala.

Hardware Acceleration

Gambar di atas menunjukkan fitur Hardware Acceleration menyala dan mengoptimasi Canvas, Flash, Stage 3D, Compositting, Out-of-procces Rasterization, OpenGL, dll. Jika fitur tersebut menyala, kalian bisa mematikan fitur ini pada browser PC dengan cara di bawah ini.


Cara Mematikan Hardware Acceleration di Google Chrome

Berikut cara untuk mematikan Hardware Acceleration di Google Chrome.

1. Pertama, buka browser Google Chrome di PC kalian lalu klik icon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih "Setelan" untuk masuk ke pengaturan browser.

Cara mematikan Hardware Acceleration di Google Chrome

2. Setelah masuk ke pengaturan, klik pada opsi "Lanjutan" dan pilih pengaturan "Sistem". Matikan opsi "Hardware Acceleration" atau "Akselerasi Hardware" di browser Google Chrome.

Cara mematikan Hardware Acceleration di Google Chrome

3. Restart browser Google Chrome dengan cara menutup dan membuka kembali browser Google Chrome.

4. Selesai.


Cara Mematikan Hardware Acceleration di Mozilla Firefox

Berikut cara untuk mematikan Hardware Acceleration di Mozilla Firefox.

1. Pertama, buka browser Mozilla Firefox di PC kalian. Kemudian klik pada icon titik tiga di pojok kanan atas. Pilih opsi "Pengaturan" untuk masuk ke pengaturan browser Mozilla Firefox.

Cara mematikan Hardware Acceleration di Mozilla Firefox

2. Setelah masuk ke pengaturan cari pengaturan performa lalu matikan opsi "Hardware Acceleration".

3. Resart browser Mozilla Firefox dengan cara menutup dan membuka kembali browser Mozilla Firefox.

4. Selesai.

Itu dia dua cara untuk mematikan fitur Hardware Acceleration atau akselerasi perangkat keras pada browser Chrome dan Mozilla di PC. Jika sudah mematikan fitur tersebut, diharapkan kalian tidak lagi mengalami adanya lag atau patah-patah saat menggunakan browser.

Kegiatan Browsing, mengetik, atau menonton video di browser PC juga lebih menyenangkan apabila tidak ada gangguan setelah mematikan fitur Hardware Acceleration ini. Jika kalian ingin menyalakan fitur ini lagi, caranya sama seperti di atas.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mematikan Hardware Acceleration pada Browser PC"

Berlangganan via Email