Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Memperbaiki Microphone PC yang Tidak Berfungsi (Windows)

Cara mengatasi dan memperbaiki microphone pada PC yang tidak berfungsi

Semakin majunya zaman, kegiatan apa saja bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Salah satunya adalah merekam suara. Dulu, jika ingin merekam suara harus menggunakan microphone yang ukurannya sangat besar. Namun sekarang kita bisa merekam suara menggunakan microphone yang ada di laptop bahkan di smartphone.

Rekaman yang dihasilkan microphone internal pada laptop dan smartphone hasilnya lumayan baik. Jika ingin meningkatkan kualitas suara dari rekamannya, kalian bisa memakai microphone eksternal. Banyak microphone eksternal yang murah namun memiliki kualitas suara rekaman yang baik, sangat cukup untuk membuat sebuah konten atau hanya teleponan saja.

Microphone eksternal biasanya digunakan oleh para content creator video. Banyak content creator yang merekam suaranya menggunakan microphone eksternal agar suara yang dihasilkan bagus dan minim noise. Namun ada beberapa masalah yang sering dialami jika menggunakan microphone eksternal pada PC.

Salah satu masalahnya adalah microphone eksternal tidak terdeteksi pada PC. Ini merupakan masalah yang paling sering ditemukan. Banyak orang yang mengalami microphone eksternalnya tidak bisa terdeteksi di PC sehingga tidak bisa digunakan untuk merekam suara.

Masalah lainnya adalah microphone eksternal yang terdeteksi namun tidak bisa digunakan untuk merekam suara. Masalah ini biasanya dikarenakan adanya kesalahan hardware atau software di PC kalian. Bagaimana cara mengatasinya?


Cara Memperbaiki Microphone yang Tidak Berfungsi di PC

Setelah membahas tentang cara memperbaiki port USB dan cara mengatasi Touchpad laptop yang tidak berfungsi, kini kita akan membahas tentang cara memperbaiki microphone PC. Banyak orang yang mengeluhkan tidak bisa merekam suara menggunakan microphone eksternal di PC mereka. Bahkan, ada juga orang yang sudah gonta-ganti microphone namun tetap tidak bisa digunakan.

Masalah-masalah tersebut sering dikeluhkan oleh para pengguna PC di forum. Penyebab masalah tersebut ada di hardware atau software pada PC. Jika hardware, maka kalian perlu memperbaikinya dengan cara mengganti port jack 3.5 di PC kalian. Namun jika software, bisa diatasi dengan cara di bawah ini. Berikut 3 cara untuk mengatasi dan memperbaiki microphone yang tidak berfungsi di PC.


#1. Install Driver Audio

Salah satu penyabab microphone tidak berfungsi di PC adalah karena tidak adanya driver audio yang terinstall di PC kalian. Driver audio merupakan software yang mengatur apapun yang berhubungan audio di PC. Masing-masing PC memiliki driver audionya masing masing. Ada Realtek, Dolby, SmartAudio, dan masih banyak lagi.

Driver audio

Itu adalah salah satu contoh driver audio yaitu Conexant SmartAudio HD. Jika driver audio di PC kalian belum terinstall, kalian bisa menggunakan Driverpack atau Driver Easy. Atau lebih baik jika menggunakan bawaan yang biasanya ada di paket penjualan motherboard.


#2. Menaikkan Level Microphone

Jika cara pertama sudah dilakukan namun microphone masih belum berfungsi, ikuti cara kedua ini. Cara yang kedua adalah dengan cara menaikkan level microphone. Banyak orang yang ceroboh karena level microphone mereka berada di level 0 sehingga sama sekali tidak bisa digunakan untuk merekam suara. Untuk cara menaikkan level microphone sebagai berikut.

1. Pertama, klik kanan pada icon volume di Taskbar. Lalu pilih opsi "Recording devices".

Menaikkan level microphone

2. Klik pada opsi "Recording" lalu klik pada "Microphone". Selanjutnya klik pada bagian "Properties".

Menaikkan level microphone

3. Setelah masuk ke "Properties", selanjutnya pilih opsi "Levels". Nikkan level microphone, semakin tinggi maka akan semakin sensitif dan keras suara yang dihasilkan.

Menaikkan level microphone

4. Tekan "Apply" untuk menyimpan pengaturan.


#3. Melakukan Trobleshooting

Jika cara pertama dan kedua sudah kalian lakukan namun microphone masih belum berfungsi juga, kalian bisa mengikuti cara ketiga ini. Cara ketoga adalah dengan melakukan Trobleshooting pada masalah suara.

Secara garis besar, Trobleshooting akan memerintahkan PC kita untuk mencari dan memperbaiki masalah pada PC itu sendiri. Cara ini bisa kalian lakukan dengan cara seperti di bawah ini.

1. Pertama, klik kanan pada icon volume di Taskbar. Lalu pilih opsi "Trobleshoot sound problems".

Trobleshoot sound problems

2. PC akan mulai melakukan scanning dan mencari masalah apa yang terjadi pada bagian suara. Sekarang hanya perlu menunggu prosesnya selesai.

Itu dia tiga cara untuk mengatasi dan memperbaiki microphone pada PC yang tidak berfungsi (khususnya untuk PC yang menggunakan sistem operasi windows). Jika ketiga cara sudah dilakukan namun tetap tidak berhasil, kalian bisa membawa PC kalian ke tempat service yang terpercaya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "3 Cara Memperbaiki Microphone PC yang Tidak Berfungsi (Windows)"

Berlangganan via Email