Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi dan Memperbaiki Port USB PC yang Tidak Berfungsi

Cara mengatasi dan memperbaiki port USB PC yang tidak berfungsi

PC (Personal Computer) merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. Salah satu komponen yang ada di PC adalah motherboard. Seperti namanya, motherboard adalah induk PCB yang ada pada PC. Komponen motherboard mengatur segala komponen lain yang ada di PC.

Morherboard juga terdiri dari beberapa komponen di dalamnya. Salah satu komponennya adalah port USB. Port USB adalah hardware yang berfungsi menghubungkan perangkat lain ke motherboard. Dengan menggunakan port USB kita bisa menggunakan mouse, keyboard, HDD eksternal, dan perangkat yang mempunyai antarmuka USB lainnya.

Port atau lubang USB ditemukan pada sekitaran tahun 1900an. Port USB terus menerus mengalami perkembangan mulai dari port USB 1 pada tahun 1996, port USB 2 pada tahun 2000, dan port USB 3 pada tahun 2008. Perbedaaan port USB dari generasi ke generasi adalah kecepatan transfer file nya. Port USB 3 mampu mentransfer file hingga 4.8 Gbps.

Banyak sekali perangkat yang menggunakan antarmuka USB mulai dari mouse, keyboard, media penyimpanan eksternal (flashdisk, HDD,dll), dan masih banyak yang lainnya. Antarmuka USB ini merupakan antarmuka kabel yang paling banyak digunakan saat ini.


Cara Memperbaiki Port USB yang Tidak Berfungsi di PC

Namun, seringkali pengguna PC mengeluhkan port USB mereka. Banyak pengguna yang mengalami port USB yang tidak bisa berfungsi seperti tidak bisa terdeteksi, tidak bisa terbaca, hingga USB not recognized. Masalah-masalah pada port USB tersebut sangat sering dialami.

Setelah membahas tentang cara memperbaiki Touchpad laptop yang tidak berfungsi, kini kita akan membahas tentang cara untuk mengatasi dan memperbaiki port USB yang tidak berfungsi atau tidak terdeteksi di PC. Ada 3 cara untuk mengatasi masalah ini, berikut caranya.


#1. Restart PC

Hal pertama dan paling utama harus dilakukan saat port USB pada PC tidak berfungsi adalah dengan cara menyalakan (Restart) PC kalian. Cara ini merupakan cara yang paling dasar untuk menyelesaikan permasalahan pada PC. Tak jarang, masalah yang timbul di PC seringkali hilang setelah kita me-Restartnya.

PC yang di Restart akan kembali segar dan semua fungsinya berjalan normal. Misal jika ada program yang tidak bisa berjalan optimal, jika PC tersebut di Restart maka program tersebut akan kembali berjalan seperti seharusnya. Hal ini juga berlaku untuk memperbaiki port USB yang tidak berfungsi di PC.


#2. Update Driver USB

Setelah cara pertama sudah dilakukan namun port USB di PC kalian masih tidak berfungsi juga, kita masuk ke cara kedua. Cara kedua adalah dengan cara memperbarui (Update) driver USB yang ada di PC kita. Karena driver PC yang kurang up to date membuat Hardware PC berjalan kurang optimal. Caranya sebagai berikut.

1. Pertama, masuk ke Device Manager dengan cara mencari lewat pencarian atau kombinasi tombol WIN+R lalu ketikkan "devmgmt.msc" lalu tekan enter.

Memperbarui driver USB

2. Setelah Device Manager terbuka, pilih opsi "Universal Serial Bus Controller" untuk melihat driver USB. Klik kanan pada USB Root Hub lalu pilih "Update Driver".

Memperbarui driver USB

3. Pastikan PC kalian terkoneksi ke jaringan internet untuk dapat memperbarui driver. Tunggu sampai driver diperbarui lalu Restart PC kalian.


#3. Mematikan Power Management USB

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan namun port USB PC masih tidak berfungsi, cara terakhir adalah dengan mematikan Power Management USB. Power Management USB merupakan pengaturan yang dapat mematikan daya dari USB sehingga daya pada PC bisa dihemat. Untuk dapat mematikan Power Management ikuti cara berikut ini.

1. Pertama, masuk ke Device Manager dengan cara mencari lewat pencarian atau kombinasi tombol WIN+R lalu ketikkan "devmgmt.msc" lalu tekan enter.

Mematikan power management USB

2. Setelah Device Manager terbuka, pilih opsi "Universal Serial Bus Controller" dan klik kanan pada USB Root Hub. Klik pada opsi "Properties".

Mematikan power management USB

4. Klik pada opsi "Power Management" lalu hilangkan ceklis pada "Allow the computer to turn off this device to save power". Klik "OK" untuk menyimpan.

Mematikan power management USB

Itu dia ketiga cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi dan memperbaiki port USB yang tidak berfungsi dan tidak bisa mendeteksi perangkat. Jika ketiga cara di atas sudah dilakukan namun port USB di PC kalian masih bermasalah, lebih baik bawa PC kalian ke tempat service yang terpercaya karena kemungkinan hardware port USB PC kalian rusak.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengatasi dan Memperbaiki Port USB PC yang Tidak Berfungsi"

Berlangganan via Email