Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan dan Mengganti Cursor (Kursor) di Windows 10/8/7

Cara menambahkan dan mengganti cursor Windows

Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Tadinya sistem operasi ini dipakai di komputer (PC) dan ponsel. Namun, Microsoft telah berhenti mengembangkan Windows phone (sistem operasi Windows yang ada di ponsel) dan kini hanya ada Windows di komputer (PC) saja.

Sistem operasi Windows ini menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna PC. Banyaknya pengguna yang memilih Windows bukan karena tanpa alasan. Salah satu alasannya adalah Windows memiliki banyak sekali dukungan Software dan sistem operasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Windows juga memiliki tampilan yang minimalis dan Stylish terutama di Windows 10. Selain tampilannya yang memanjakan mata, kita juga diberikan opsi untuk mengkustomisasi tampilan di Windows 10.

Pengguna dapat menganti Wallpaper, tema, warna, besar kecilnya icon, mengganti dan menambah Screensaver, dan masih banyak lagi. Selain itu kita juga bisa mengubah dan mengkustomisasi cursor (kursor) di Windows 10.


Apa itu Cursor (Kursor)?

Cursor (kursor) atau yang biasa disebut juga dengan nama pointer adalah suatu penunjuk yang ada di layar monitor (terutama komputer) yang berfungsi untuk bernavigasi. Cursor akan merespon gerakan dari mouse yang kita gerakkan. Ada dua jenis cursor yaitu cursor penunjuk dan cursor teks.

Cursor penunjuk merupakan cursor yang berguna untuk menunjukkan atau memilih suatu objek pada komputer. Cursor penunjuk biasanya berbentuk icon panah miring yang dapat dikustomisasi oleh pengguna.

Sementara cursor teks merupakan cursor yang berguna untuk mengedit, memilih, menunjuk teks pada teks editor. Cursor teks biasanya berbentuk garis vertikal yang akan berkedip. Curos teks biasa muncul saat kita sedang mengetik.


Cara Menambahkan Cursor (Kursor) di Windows

Di Windows sendiri, mulai dari Windows versi dulu sudah ada yang namanya kustomisasi cursor. Pengguna dapat memilih cursor apa saja yang disediakan oleh Windows. Pengguna juga bisa memilih ukuran cursor yang mereka mau.

Namun, pilihan cursor di Windows hanya sebatas itu saja. Tidak ada cursor khusus yang menarik perhatian pengguna. Untungnya, Microsoft menyediakan opsi untuk menambahkan cursor sendiri di Windows 10. Ini dia caranya.

1. Pertama, cari cursor yang ingin kalian tambahkan. Kalian bisa mencari cursor di situs seperti DevianArt atau sebagainya. Di sini saya akan mempraktekkan dengan cursor yang ada di DevianArt. Buka situs DevianArt lalu cari cursor yang ingin kalian gunakan.

2. Sebelumnya, pastikan kalian mempunyai akun DevianArt untuk mengunduh cursor yang ada di website tersebut. Jika sudah klik cari cursor yang kalian inginkan dan klik pada icon unduh.

Cara menambahkan cursor di Windows

3. Unduh file cursor yang kalian pilih.

Cara menambahkan cursor di Windows

4. Jika masih dalam bentuk ZIP/RAR, ekstrak dulu file tersebut dengan cara klik kanan > extract here atau extract to.

Cara menambahkan cursor di Windows

5. Kini file cursor kalian sudah selesai di ekstrak.

Cara menambahkan cursor di Windows

6. Selanjutnya masuk ke control panel dengan cara menekan start dan pilih icon setelan.

Cara menambahkan cursor di Windows

7. Setelah masuk ke pengaturan, klik pada opsi "Personalization".

Cara menambahkan cursor di Windows

8. Pilih opsi "Themes" lalu pilih "Mouse cursor".

Cara menambahkan cursor di Windows

9. Pada pengaturan cursor, pilih menu "Browse".

Cara menambahkan cursor di Windows

10. Arahkan ke file yang tadi kalian ekstrak. Pilih file dengan tipe "Cursor" lalu pilih open.

Cara menambahkan cursor di Windows

11. Kini cursor yang kalian tambahkan sudah tersedia di pengaturan.


Cara Mengganti Cursor (Kursor) di Windows

Setelah berhasil menambahkan cursor pada pengaturan, kini cursor kalian sudah bertambah. Sekarang tinggal mengganti cursor default Windows ke cursor yang telah kalian tambahkan tadi.

1. Pertama, masuk ke control panel dengan cara menekan start dan pilih icon setelan.

Cara mengganti cursor di Windows

2. Setelah masuk ke pengaturan, klik pada opsi "Personalization".

Cara mengganti cursor di Windows

3. Pilih opsi "Themes" lalu pilih "Mouse cursor".

Cara mengganti cursor di Windows

4. Pilih cursor mouse yang kalian suka lalu pilih "Apply" untuk menyimpan setelan.

Cara mengganti cursor di Windows

5. Kini cursor mouse kalian sudah berganti dan jadi tambah keren.

Itu dia cara menambahkan dan mengganti cursor (kursor) di Windows. Windows yang saya gunakan di sini adalah Windows 10. Untuk Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 caranya hampir sama dengan cara di atas.

Selain dari DevianArt, kalian juga bisa mengunduh dari situs lain yang menyediakan icon cursor. Cursor yang keren tentu akan membuat tampilan layar komputer (PC) kita menjadi lebih enak dilihat.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan dan Mengganti Cursor (Kursor) di Windows 10/8/7"

Berlangganan via Email