Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat atau Menulis Tulisan Arab di Microsoft Word (Semua Versi)

Cara membuat, menulis, mengetik tulisan arab di Microsoft Word

Microsoft Word merupakan software yang dikembangkan oleh Microsoft untuk kebutuhan menulis atau mengetik. Software ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal seperti mengetik naskah, membuat undangan, membuat surat, dan masih banyak lagi.

Di dalam Microsoft Word, kita biasanya menulis dengan menggunakan huruf latin. Namun, bagi sebagian orang sewaktu-waktu membutuhkan menulis dengan huruf arab. Menulis dengan tulisan atau huruf arab di Microsoft Word biasanya digunakan untuk membuat tulisan bacaan "Bismillah" pada undangan.

Selain untuk membuat undangan, tulisan arab juga kadang berguna untuk para guru yang mengajar bahasa arab di sekolah atau mahasiswa/mahasiswi jurusan pendidikan agama. Mereka biasanya membuat soal dengan mengetik manual di Microsoft Word dengan menggunakan huruf arab beserta dengan harakatnya.

Menulis atau mengetik huruf arab di Microsoft Word tidaklah sulit bagi kalian yang mempunyai keyboard dengan bahasa arab. Namun bagaimana jika keyboard tidak ada bahasa arabnya? tenang, kalian masih bisa menulis huruf arab di Microsoft Word. Berikut caranya.


Cara Menulis Tulisan Arab di Microsoft Word

Bagaimana cara membuat tulisan arab di Microsoft Word? kita bisa menulis tulisan arab dengan mudah di Microsoft Word dengan memanfaatkan on-screen-keyboard yang ada di Windows. Cara ini merupakan cara yang paling simpel untuk menulis huruf arab dan bisa digunakan untuk semua versi Microsoft Word dari mulai 2007, 2010, 2013, bahkan 2016.

Bagaimana caranya? ini dia.


Step 1: Menambahkan Bahasa Arab

Pertama-tama, kita harus menambahkan bahasa arab di PC kita agar bisa menulis huruf arab di Microsoft Word. Berikut caranya.

Masuk ke control panel atau Windows settings dengan cara menekan tombol start Windows lalu menekan icon setting.

Menambahkan bahasa arab di Windows

Saat sudah masuk ke control panel, kalian akan menemukan beberapa opsi pengaturan. Pilih opsi "Time & language".

Menambahkan bahasa arab di Windows

Kemudian, pada setelan "Time & language" pilih opsi "Region & language" lalu pilih "Add a language" untuk menambahkan bahasa arab di PC kalian.

Menambahkan bahasa arab di Windows

Akan ada banyak pilihan bahasa yang bisa kalian pilih. Karena kita akan menulis arab, jadi pilih "Arabic".

Menambahkan bahasa arab di Windows

Pilih "Arabic (Saudi Arabia)".

Menambahkan bahasa arab di Windows


Step 2: Mengubah Bahasa On-Screen-Keyboard

Setelah berhasil menambahkan basa arab di dalam Windows, langkah selanjutnya adalah mengubah bahasa on-screen-keyboard menjadi bahas arab. Seperti namanya, on-screen-keyboard merupakan fitur keyboard bawaan Windows yang ada di layar monitor. Fitur ini ternyata berguna untuk kalian yang ingin mengetik huruf arab di Microsoft Waord.

Pertama, bukan on-screen-keyboard dengan melakukan pencarian lewat menu start Windows.

Mengganti tulisan ke bahasa arab

Setelah on-screen-keyboard terbuka, klik pada icon bahasa untuk mengganti bahasa Indonesia menjadi bahasa Arab yang tadi telah kita tambahkan ke dalam Windows.

Mengganti tulisan ke bahasa arab


Step 3: Mulai Menulis Arab di Microsoft Word

Setelah menambahkan dan mengganti bahasa Indonesia ke bahasa arab, sekarang kalian bisa menulis tulisan arab di Microsoft Word. Yang perlu diperhatikan adalah membuat tulisan menjadi "rata kanan" karena huruf arab dibaca dari sisi kanan ke kiri.

Cara menulis arab di Microsoft Word

Untuk menulis tulisan arab beserta harakatnya, kalian bisa menggunakan font "Arabic Typesetting" lalu gunakan kombinasi tombol di bawah ini untuk menulis harakat.

Shift + Q = Fathah

Shift + A = Kasrah

Shift + E = Dammah

Shift + W = Fathah Tanwin

Shift + S = Kasrah Tanwin

Shift + R = Dammah Tanwin

Shift + X = Sukun

Shift + ~ = Tasydid

Jika tidak ada harakat yang ingin kalian gunakan, kalian bisa menambahkannya pada menu "Insert" yang ada di Microsoft Word.


Tambahan...

Jika ingin lebih praktis dalam menulis tulisan arab, kalian bisa menggunakan tools yang ada di internet. Kalau saya biasanya menggunakan Google Translate untuk menulis tulisan arab sederhana seperti Bismillah. Kalian hanya perlu menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa arab di Google Translate. Lalu mennyalinnya ke MS Word (tidak semua tulisan diterjemahkan dengan benar).

Cara menulis arab menggunakan tools online

Itu dia cara untuk menulis atau membuat dan menulis tulisan arab di Microsoft Word. Sekarang kalian  tidak perlu bingung lagi bagaimana caranya mengetik huruf arab di Microsoft Word. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat atau Menulis Tulisan Arab di Microsoft Word (Semua Versi)"

Berlangganan via Email