Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Harddisk agar Awet, Tahan Bertahun-tahun!

Cara merawat Harddisk agar awet dan tahan lama

Harddisk atau yang biasa disingkat dengan nama HDD adalah sebuah perangkat media penyimpanan yang ada di komputer/laptop. Semua file yang ada di komputer/laptop kita disimpan di HDD seperti OS, lagu, video, gambar, game, software, dokumen, dan lain lainnya.

Untuk itulah HDD menjadi perangkat keras yang wajib ada pada suatu sistem komputer. Tanpa adanya HDD suatu sistem di komputer/laptop tidak akan berjalan karena tidak mempunyai media penyimpanan.

HDD sendiri mulai ditemukan pada tahun 1956. Saat itu HDD mempunyai kapasitas ukuran yang sangat kecil. Berbeda dengan sekarang yang kapasitas sebuah Harddisk saja bisa mencapai 10.000GB (10TB).

Harddisk dibagi menjadi dua, ada Hraddisk internal dan Harddisk eksternal. Harddisk internal adalah Harddisk yang hampir ada di kebanyakan komputer/laptop, letaknya di bagian dalam dan terhubung langsung dengan Motherboard.

Sedangkan Harddisk eksternal merupakan Harddisk dengan bentuk ringkas, mudah dibawa kemana-mana, serta mudah digunakan. Harga Harddisk internal dan eksternal sendiri lumayan berbeda. Harddisk eksternal biasanya lebih mahal ketimbang Harddisk internal dengan kapasiatas yang setara.


Cara Merawat dan Menjaga agar Harddisk (HDD) Lebih Awet

Karena merupakan komponen yang penting, kita wajib melakukan perawatan dan menjaga agar HDD kita awet serta tahan lama. Apalagi jika kalian menyimpan file-file yang penting di dalamnya. Kalian harus berhati-hati agar file yang ada di dalam HDD tidak error bahkan rusak.

Perawatan Harddisk internal dan Harddisk eksternal tidak jauh berbeda, malah hampir sama persis. Hal ini dikarenakan baik Harddisk internal maupun eksternal di dalamnya terdapat sebuah piringan yang sama. Piringan tersebutlah yang berfungsi untuk menyimpan file atau data di komputer/laptop kita.

Kembali ke topik pembahasan, bagaimana cara merawat dan menjaga Harddisk agar awet dan tahan lama? Berikut caranya.


1. Jaga Suhu Harddisk

Harddisk atau HDD adalah salah satu perangkat keras yang sangat rentan terhadap suhu. Kenaikkan suhu yang melebihi batas wajar HDD akan mengganggu pengoperasian HDD tersebut sampai bisa merusaknya.

Saat kalian menyalakan komputer/laptop yang menggunakan HDD, perhatikan suhu HDD saat beroperasi. Suhu pengoperasian HDD normalnya di 30-40 derajat Celcius. Apabila melebihi dari suhu tersebut, lebih baik matikan atau dinginkan HDD dengan cara menambah sirkulasi udara pada komputer/laptop kalian.


2. Jangan Sampai Harddisk Terbentur/Terjatuh

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. HDD merupakan salah satu perangkat keras paling rawan. Di dalam HDD terdapat piringan yang berputar. Jika HDD sampai terbentur benda keras apalagi terjatuh bisa dipastikan HDD tersebut akan terganggu atau bahkan rusak total.

HDD yang rusak karena terbentur atau terjatuh susah atau bahkan tidak bisa untuk dibenarkan. Jika sedang tidak beruntung, semua file dalam HDD akan hilang jika HDD kalian sampai terbentur dengan keras/terjatuh.

Sebagai info tambahan, Harddisk eksternal lebih mudah terbentur benda keras atau terjatuh. Kalian bisa mengakalinya dengan cara memberikan dompet atau case khusus untuk Harddisk eksternal kalian.


3. Jangan Biarkan Harddisk Penuh

HDD terdiri dari piringan-piringan untuk menyimpan file yang berputar. Semakin penuh file yang terdapat dalam HDD maka perputaran piringan akan menjadi semakin lambat. Jika HDD mendekati penuh, piringan akan semakin lambat lagi.

Dan jika dibiarkan terus-menerus piringan akan bergesekan antara satu dengan yang lainnya yang menyebabkan kerusakan dalam Harddisk/HDD tersebut.


4. Bagi Partisi Sesuai Kebutuhan

Dalam komputer/laptop kalian pasti terdapat partisi (C:) sebagai partisi penyimpanan OS, dan (D:), (E:), seterusnya untuk menyimpan file. Jika terlalu banyak membagi partisi dalam HDD, akan membuat HDD semakin lambat berputar. Hal ini sama bahayanya dengan membiarkan HDD penuh dalam jangka waktu yang lama.


5. Rajin Defragment Harddisk

Defragnent adalah cara yang paling mujarab dan paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan HDD. Apa itu Defragment? Defragment adalah suatu proses untuk memperbaiki file yang terfragmentasi (file yang saling berdekatan) untuk menjadi lebih renggang sehingga tidak ada gesekan antar piringan dalam HDD.

Kalian bisa melihat cara Defragment disini: Cara Defragment Harddisk agar awet dan tahan lama. Cara ini bisa kalian lakukan secara rutin entah itu sehari sekali, seminggu sekali, atau sebulan sekali. Jika kalian banyak memindah-mindahkan file di HDD lebih baik melakukan Defragment sehari sekali demi menjaga kesehatan HDD agar tetap prima.

Sekian yang dapat saya sampaikan kali ini, Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Harddisk agar Awet, Tahan Bertahun-tahun!"

Berlangganan via Email