Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menambahkan Screensaver Sendiri di Windows 10

Cara menambahkan screensaver di Windows 10

Bagi seorang designer grafis, tentu ingin layar komputer/laptop mereka terlihat lebih keren. Banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk membuat tampilan layar PC kalian menjadi lebih estetis dan enak dipandang.

Ada beberapa hal yang perlu kalian rubah untuk menambah manis setup PC kalian diantaranya Wallpaper, Icon, hingga Screensaver. Ada juga yang menghiasi layar PC mereka dengan widget unik seperti widget rainmeter.

Wallpaper menjadi hal yang paling penting untuk mempercantik layar PC kita. Wallpaper berwarna vivid akan menambah atau menaikkan kontras layar. Sedangkan wallpaper berwarna pastel akan membuat nuansa PC kita terkesan lebih mono. Saya pribadi lebih menyukai nuansa mono/stealth ketimbang warna yang vivid/gonjreng.

Penataan icon desktop juga menjadi hal penting lainnya untuk mempercantik tampilan PC kita. Icon dekstop yang sedikit dan tertata rapih akan menjadi nilai lebih untuk penampilan PC kita.

Selain itu ada juga yang namanya screensaver. Nama ini pasti familiar bagi kalian mantan user Windows 7. Ya, dulu di windows 7 screensaver ini merupakan salah satu fitur unggulan dan wajib digunakan untuk mempercantik tampilan desktop PC kita.

Screensaver adalah suatu tampilan layar yang menampilkan gambar bergerak jika layar tidak digunakan dalam kurun waktu tertentu. Fitur ini juga tersedia di Windows 10, namun screensaver yang disediakan tidak selengkap di Windows 7. Screensaver ini bisa kalian gunakan dan atur melalui Settings > Personalization > Lockscreen > Screen saver settings.

Di Windows 10 ada beberapa screensaver yang bisa kalian pakai seperti 3D Text, Blank, Bubbles, Mystify, Photo Gallery, Photos, dan Ribbon.

3D Text menampilkan tulisan dalam bentuk 3D yang bisa dikustomisasi. Blank tidak menampilkan apa-apa, Bubbles menampilkan gelembung-gelembung yang bergerak di layar, Mystify menampilkan garis warna-warni, Photo Gallery dan Photos menampilkan foto yang ada di file manager, serta Ribbon menampilkan pita berwarna-warni.

Hanya segitu saja? tentu saja tidak. Kita bisa mengkustomisasi screensaver yang ada. Bahkan kita juga bisa menambahkan screensaver sendiri yang kita inginkan.


Cara Menambahkan Screensaver di Windows 10

Screensaver default yang ada pada bawaan Windows 10 sendiri ada tujuh saja. Jika kalian bosan memakai screensaver yang itu-itu saja, kalian bisa menambahkan sendiri screensaver di PC kalian. Tidak ada software atau aplikasi khusus untuk dapat menambahkan screensaver di Windows 10.

Kalian hanya perlu mencari file screensaver yang ingin kalian gunakan di internet. Di sini saya menggunakan screensaver bernama Fliqlo. Fliqlo merupakan screensaver dengan tampilan yang unik menurut saya yaitu menampilkan angka jam digital yang terlihat estetis saat dipandang.

Apalagi screensaver ini bisa digunakan di hampir semua platform tak terkecuali Windows dan Mac. Juga screensaver ini bisa kalian dapatkan dan gunakan secara gratis.

Kembali ke topik pembahasan. Bagaimana cara memasang screensaver di Windows 10? berikut caranya.

1. Karena di sini saya akan memasang screensaver Fliqlo, jadi saya masuk ke website resmi mereka (sesuaikan saja dengan screensaver yang ingin kalian pakai). Ada beberapa platform di sini, karena saya menggunakan Windows jadi saya memilih untuk platform Windows.

Fliqlo

2. Kemudian pilih folder yang ingin kalian gunakan, klik pada opsi "Save" untuk menyimpan file Fliqlo.

Fliqlo

3. Unduhan file screensaver biasanya berformat RAR. Di sini kalian harus mengekstrak dahulu file nya menggunakan Zarchiver atau software arsip lain agar bisa digunakan. Klik kanan pada file screensaver lalu pilih "Extract Here".

Screensaver

4. Akan muncul file hasil ekstrak tadi. Cari file dengan tipe "Application" lalu klik dua kali pada file tersebut.

Screensaver

5. Kalian akan langsung masuk ke pengaturan screensaver. Kalian bisa langsung menggunakan screensaver yang baru kalian pasang atau bisa juga melakukan pengaturan dahulu. Kalian bisa mengatur kapan screensaver tersebut muncul, besar font, dan lain sebagainya. Klik ok untuk menyimpan pengaturan.

Screensaver

Sebenarnya masih banyak screensaver yang keren. Namun Fliqlo ini menjadi salah satu screensaver favorit saya. Selain menampilkan informasi tentang jam yang sangat informatif, warna dari screensaver ini juga cocok dengan warna tema PC saya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menambahkan Screensaver Sendiri di Windows 10"

Berlangganan via Email