Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Reset Printer Canon Semua Tipe Khususnya iP2770, Mudah!

Cara reset printer Canon

Printer merupakan mesin untuk mencetak gambar dan tulisan. Printer sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari terutama untuk pelajar dan pekerja kantoran. Dengan adanya printer, kita bisa mencetak dokumen yang kita kerjakan maupun tugas yang ada di komputer/laptop untuk dijadikan lembaran.

Ada beberapa merk printer ternama seperti Canon, Epson, HP, dan masih banyak lagi. Salah satu merk yang paling banyak digunakan oleh sebgain besar orang adalah printer merk Canon.

Printer merk canon ini terkenal akan harganya yang terjangkau dan hasilnya yang bagus. Printer Canon juga terkenal dengan keawetan dan daya tahannya walaupun dipakai selama bertahun-tahun. Itulah alasan mengapa printer merk ini menjadi printer yang paling laris di pasaran saat ini.

Namun sebagus-bagusnya suatu barang pasti pernah sesekali mengalami masalah. Hal inilah yang sering dikeluhkan para pengguna printer Canon terutama seri iP2770. Mereka mengeluh akan sering terjadinya error saat mengganti Catrige di printer Canon.

Beberapa masalah error yang sering ditemukan diantaranya: printer tidak mau menyala meskipun sudah menekan tombol "Power" pada printer, Catrige tidak terdetiksi, muncul notifikasi yang mengatakan tinta kosong padahal tinta baru saja diisi, dan masih banyak lagi masalah lainnya.

Masalah-masalah error yang terjadi pada printer Canon, bisa diperbaiki dengan cara mereset printer Canon, bagaimana caranya?


Cara Mereset Printer Canon iP2770

Mereset adalah kegiatan untuk mengembalikan suatu perangkat ke setelan bawaan pabrik. Cara ini bisa kita gunakan untuk mengatasi printer Canon yang error. Pada dasarnya printer yang error terjadi karena adanya kesalahan pada settingan printer.

Ada dua cara yang dapat kalian lakukan untuk mereset printer Canon terutama seri iP2770/iP2700 yaitu tanpa dan dengan menggunakan Software. Berikut caranya.


Reset Printer Canon Tanpa Menggunakan Software

Cara mereset printer yang pertama merupakan cara yang paling mudah yaitu mereset printer canon tanpa perlu menggunakan software tambahan. Cara ini juga biasa disebut dengan cara mereset printer secara manual.

Umumnya printer canon terutama seri iP2770/iP2700 memiliki dua tombol yaitu tombol "Power" dan tombol "Resume". Kedua tombol ini ternyata bisa kalian gunakan untuk mereset printer canon yang kalian miliki. Ingin tahu caranya? ini dia.

  1. Pertama, tekan tombol power di printer kalian untuk mematikan printer canon kalian terlebih dahulu.
  2. Cabut colokan daya printer dari stopkontak.
  3. Tekan dan tahan tombol power pada printer.
  4. Nyalakan kembali printer kalian sambil menekan tombol.
  5. Tunggu beberapa detik lalu tekan tombol "Resume" dua kali dan lepaskan bersamaan dengan melepas tombol power.

Jika cara ini berhasil, akan muncul device printer baru di komputer/laptop kalian. Kalian bisa mengeceknya melalui Control Panel. Apabila ada opsi printer baru, artinya kalian sudah mereset printer ke setelan pabrik.


Reset Primter Canon Menggunakan Software Resetter

Cara ketiga yaitu menggunakan software resetter. Kalian bisa mencari dan mengunduh software ini menggunakan pencarian Google dengan kata kunci "Software Resetter Canon".

Software Resetter

Jika cara yang pertama tidak berhasil, kalian bisa melakukan cara kedua ini. Cara kedua ini menggunakan software bernama resetter. Software ini akan mereset printer canon kalian secara total hingga benar-benar kembali ke setelan pabrik.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat caranya di bawah ini.

  1. Pertama sambungkan printer dengan komputer/laptop kalian, matikan printer kalian jika masih dalam keadaan menyala (ranpa melepas kabel dari stopkontak).
  2. Selanjutnya tekan tombol "Resume" selama kurang lebih tiga detik.
  3. Kemudian tekan tombol "Power" tanpa melepas tombol "Resume" hingga indikator lampu printer berwarna hijau.
  4. Lepas tombol "Resume" dengan perlahan dengan tetap menekan tombol "Power".
  5. Kemudian tekan tombol "Resume" sebanyak lima kali sambil terus menekan tombol power sampai ada indikator LED printer menyala warna hijau dan oranye secara berantian. Lalu lepas semua tombol yang ditekan.
  6. Indikator LED printer berwarna hijau kemudian periksa komputer/laptop kalian.
  7. Buka Control panel > Devices > Printers & scanners. Jika di sana printer mendeteksi perangkat baru berarti printer sudah siap untuk direset.
  8. Buka software resetter.
  9. Masukkan beberapa lembar kertas ke printer.
  10. Pada aplikasi resetter, tekan tombol "MAIN" lalu printer akan memproses printing pada satu lembar kertas.
  11. Jika sudah selesai, klik pada tombol "EEPROM Clrear" dilanjutkan dengan menekan tombol "EEPROM" pada software resetter untuk melakukan proses print lagi.
  12. Matikan printer lalu nyalakan kembali. Dan proses reset sudah selesai.

Jika kalian masih mengalami error di printer Canon milik kalian, kalian bisa membawanya ke tukang service printer terdekat atau bisa juga mengklaim garansi ke Canon apabila printer kalian masih dalam masa garansi.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "2 Cara Reset Printer Canon Semua Tipe Khususnya iP2770, Mudah!"

Berlangganan via Email