Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Uninstall/Menghapus Software di Komputer/Laptop Windows

Cara uninstall software PC

Software atau aplikasi memegang peranan yang penting pada suatu sistem operasi komputer (PC)/laptop. Tanpa software, kita tidak bisa melakukan apapun. Ada bermacam-macam software yang biasa kita temukan di komputer/laptop.

Seperti software untuk perkantoran, software editing, software player musik, software player video, dan masih banyak lagi yang lainnya. Setiap komputer/laptop pasti memiliki software yang berbeda. Hal ini karena setiap orang menggunakan komputer/laptop mereka untuk hal yang berbeda satu sama lainnya.

Tidak ada batasan untuk menginstall software apapun pada komputer/laptop. Kita diberi kebebasan memilih software apa yang ada dan yang tidak ada di komputer/laptop kita. Semakin berkembangnya zaman, makin banyak software yang bermanfaat dan sangat membantu kita di kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja software untuk perkantoran seperti Microsoft Office, kita tidak perlu lagi menulis atau membuat tabel di buku seperti pada zaman dahulu. Kini kita bisa mengetik dan mengerjakan tugas baik tugas sekolah maupun tugas kantor di komputer/laptop. Tentu saja hasilnya jelas rapih dan lebih cepat selesai.

Ada juga software untuk menikmati konten multimedia seperti Spotify. Spotify merupakan salah satu layanan streaming musik terbaik dengan pengguna terbanyak saat ini. Kita bisa langsung mencari lagu apa yang ingin kita dengarkan menggunakan software ini.

Tak lupa juga ada software pendukung seperti antivirus. Seperti namanya, antivirus berguna untuk melindungi sistem operasi kita dari serangan virus. Dengan adanya sofware ini komputer/laptop kita menjadi lebih aman.

Selain memasang atau menginstall software, kita juga bisa menguninstall atau menghapus software yang sudah ada di komputer/laptop kita. Bagaimana caranya?


Cara Uninstall/Menghapus Software di PC

Banyak sekali software komputer/laptop yang berguna dan bermanfaat bagi kita. Seperti software perkantoran, editing, multimedia, dan masih banyak lagi. Namun ada juga software yang jarang digunakan atau bahkan digunakan sekali saja seperti software convert audio.

Pernahkah kalian merasa ada software yang tidak berguna yang sudah tidak kalian pakai lagi di komputer/laptop kalian? jika ada, kalian bisa menguninstallnya dengan menggunakan dua cara di bawah ini.


Menggunakan Fitur Bawaan Windows

Cara yang pertama tentu kebanyakan pengguna komputer/laptop sudah tahu. Cara uninstall menggunakan fitur bawaan dari Windows. Microsoft sendiri, telah memasukkan fitur untuk kita sebagai pengguna untuk dapat menguninstall software di komputer/laptop kita.

Berikut caranya.

1. Pertama, buka menu settings yang ada di komputer/laptop kalian. Lalu klik pada menu "Apps".

Windows Uninstaller

2. Langkah selanjutnya, klik pada software yang ingin kalian uninstall. Lalu klik pada opsi "Uninstall".

Windows Uninstaller

3. Tunggu sampai prosesnya selesai. Semakin besar ukuran software maka akan semakin lama proses uninstall berlangsung.

Sebagai tambahan, disini saya menggunakan Windows 10 Enterprise. Cara ini mungkin akan sedikit berbeda jika kalian menggunakan Windows 7/8.


Menggunakan Iobit Uninstaller

Sebelum masuk ke pembahasan cara uninstall software menggunakan Iobit Uninstaller. Saya akan menjelaskan dahulu apa itu Iobit Uninstaller. Iobit Uninstaller merupakan software uninstaller yang dikembangkan oleh Iobit.

Software ini dapat menghapus sisa-sisa software yang kita uninstall sampai bersih. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari Iobit Uninstaller. Jika kalian tertarik, kalian bisa langsung mencoba software ini dengan mengunduh di situs resmi Iobit.

Kembali ke pembahasan, ini dia cara uninstall software menggunakan Iobit Uninstaller.

1. Pertama tentu kalian harus menginstall dahulu Iobit Uninstaller di komputer/laptop kalian. Software ini cukup ringan saat digunakan, jadi kalian tidak perlu khawatir. Selanjutnya buka software Iobit Uninstaller.

Iobit Uninstaller

2.  Kalian bisa memilih software mana yang ingin kalian uninstall. Kalian juga bisa mengurutkannya sesuai dengan urutan software tersebut dipasang, software dengan urutan terbesar, dll. Disini saya menggunakan fitur pencarian untuk mencari software yang ingin saya uninstall. Jika sudah menemukannya, klik pada icon sampah di samping.

Iobit Uninstaller

3. Klik lagi pada tulisan uninstall untuk mengkonfirmasi dan memulai proses pelepasan pemasangan.

Iobit Uninstaller

4. Proses akan berlangsung beberapa menit tergantung dengan besar kecilnya ukuran software yang kalian pilih.

Iobit Uninstaller

5. Iobit akan menemukan sisa-sisa sampah dari software yang kalian uninstall, inilah kelebihan Iobit. Klik saja pada opsi "Delete" untuk menghapus semua sisa sampah dari software yang kalian uninstall.

Iobit Uninstaller

6. Jika berhasil maka akan muncul tampilan di bawah ini.

Iobit Uninstaller

Dengan menguninstall software yang tidak berguna di komputer/laptop kita maka akan menghemat ruang pada penyimpanan terutama HDD yang semakin banyak file maka akan menjadi semakin lambat. Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "2 Cara Uninstall/Menghapus Software di Komputer/Laptop Windows"

Berlangganan via Email