Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upload File ke Saved Message Telegram, Bisa Simpan File Permanen

Cara upload file ke Saved Message Telegram

Telergram merupakan sebuah aplikasi chatting asal Rusia yang diluncurkan sejak tahun 2013. Aplikasi ini telah digunakan oleh ratusan juta pengguna. Banyak sekali kelebihan Telegram yang tidak bisa kita temukan di aplikasi chatting lain seberti Whatsapp, Line, Wechat, dan sebagainya. Aplikasi Telegram pernah diblokir oleh pemerintah karena alasan tertentu.

Beberapa kelebihan Telegram diantaranya pesan dengan sistem Cloud, grup hingga ratusan ribu anggota, bisa digunakan di semua platform, sticker yang berlimpah, gif yang berlimpah, tersedia username, dan yang paling menarik ada "Saved Message".

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting berbasis Cloud. Aplikasi berbasis Cloud mempunyai kelebihan dimana pesan akan otomatis tersimpan pada server sehingga jika kita masuk menggunakan akun yang sama di perangkat lainnya, pesan tersebut tidak akan hilang.

Selain itu Telegram juga bisa digunakan di semua platform seperti smartphone Android, IOS, Mac, Windows, dll. Selain bisa menggunakan Telegram via browser, Telegram juga tersedia dalam bentuk software yang bisa kalian install pada komputer/laptop kalian.

Selanjutnya ada sticker dan gif yang berlimpah. Pada Telegram sendiri, ada banyak sekali sticker unik dan lucu. Tak hanya gambar, di Telegram juga tersedia gambar bergerak (GIF). Tak hanya sampai disitu, kita juga bisa membuat sticker sendiri menggunakan Bot Sticker yang telah disediakan oleh Telegram.

Fitur yang paling menarik adalah hadirnya Saved Message. Saved Message adalah fitur di mana pengguna dapat menyimpan pesan, foto, video, atau file apapun secara private. Artinya, kita bisa menyimpan file mirip seperti online storage. Uniknya lagi, pihak Telegram tidak membatasi ukuran dan kapasitas Saved Message para penggunanya.


Cara Upload Foto, Video, Dokumen, File ke Saved Message Telegram

Berbicara mengenai Saved Message, fitur ini bisa kita manfaatkan sebagai media penyimpanan pribadi. Sebagai contohnya, kita bisa menyimpan foto kenangan masa kecil di Saved Message. Hal ini tentu sangat berguna mengingat apapun yang kita simpan di Saved Message tidak akan hilang.

Misalnya lagi, jika kalian memiliki keterbatasan ruang di smartphone kalian. Kalian bisa mencadangkan data yang penting dan berukuran besar di Saved Message Telegram. Cara inipun sudah sering saya pakai untuk mencadangkan data-data penting yang ada di smartphone dan laptop saya.

Untuk kalian pengguna baru Telegram dan belum tahu cara mengunggah file melalui Saved Message, ini dia caranya.

1. Pertama masuk ke aplikasi Telegram, di sini saya menggunakan Telegram versi PC. Walaupun begitu, jika kalian menggunakan smartphone caranya mirip. Ketikkan "Saved Message" jika device kalian menggunakan Bahasa Inggis atau "Pesan Tersimpan" jika device kalian menggunakan Bahasa Indonesia. Kemudian klik.

Saved Message Telegram

2. Kalian akan masuk ke dalam chat room. Di sini kalian bisa menekan icon tautan/icon klip yang ada di pojok bawah.

Saved Message Telegram

3. Kemudian pilih file yang ingin kalian unggah. Kalian bebas memilih file format apa saja misal gambar JPG/PNG, musik FLAC/MP3/dll, atau file jenis lain. Di sini saya mencontohkan mengunggah dokumen dengan format RAR.

Saved Message Telegram

4. Kemudian klik "Send" untuk mengirim file. Khusus untuk Telegram versi PC, kalian bisa menambahkan caption pada file yang kalian unggah. Di sini saya memberi caption dengan nama "Backup" sesuaikan saja dengan keinginan dan kebutuhan kalian.

Saved Message Telegram

5. Tunggu file yang kalian unggah selesai diunggah. Lama unggah file tergantung dari koneksi internet dan besar file yang kalian uanggah. Semakin cepat koneksi internet dan semakin kecil file yang kalian unggah maka akan semakin cepat proses unggahnya. Begitupun sebaliknya, semakin lambat koneksi internet dan semakin besar ukuran file yang kalian unggah maka akan semakin lama juga proses unggahnya.

Apabila sudah ceklis dua berarti file tersebut telah selesai diunggah.

Saved Message Telegram

Perlu diketahui, jika kalian tidak log in Telegram selama berbulan-bulan akun kalian akan terhapus secara otomatis oleh sistem Telegram. Semua file dan chat kalian juga akan hilang. Jadi pastikan kalian rutin menggunakan Telegram agar file yang kalian upload ke Saved Message Telegram tidak hilang.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Upload File ke Saved Message Telegram, Bisa Simpan File Permanen"

Berlangganan via Email