Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Hardware iPhone Menggunakan Software 3uTools

Mengecek hardware iPhone menggunakan 3uTools

Siapa yang tidak kenal iPhone? iPhone adalah sebuah produk smartphone yang diluncurkan oleh Apple. Smartphone ini mempunyai kelas tersendiri di kalangan pengguna. Berbeda dengan smartphone Android yang pasarnya menyeluruh, Apple sengaja membuat iPhone menjadi smartphone kelas premium dengan harga yang tidak semua orang bisa membelinya.

Ada harga ada rupa. Begitu sebutan yang pas untuk smartphone besutan Apple ini. Selain desainnya yang premium, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh iPhone. Chipset bertenaga, mempunyai sistem operasi yang eye catching, kamera yang tajam, dan masih banyak lagi.

Sejak seri pertama iPhone keluar hingga kini masuk seri ke-11, iPhone tak henti-hentinya menawarkan beragam kenggulan dan fitur premium. Namun sekali lagi, semua kelebihan iPhone dihagai dengan nilai yang tinggi.

Untuk kalian yang sangat ingin mempunyai iPhone namun dengan budget minim, kalian bisa membeli iPhone generasi lama dalam kondisi second. Namun yang harus diperhatikan adalah hardware dari iPhone yang kalian beli. Kalian harus teliti dalam memilih iPhone dengan kondisi bekas atau second.


Tips Membeli iPhone Second

Sebelum memutuskan untuk membeli iphone bekas atau second, ada baiknya kalian memperhatikan beberapa tips berikut ini.


1. Harga

Harga yang murah bukan berarti kalian harus membeli iPhone tersebut. Apalagi dalam kondisi bekas. Kalian harus berhati-hati dan curiga terhadap iPhone kondisi bekas yang dijual dengan harga yang sangat murah (kelewat batas).

Berikut beberapa harga wajar untuk sebuah iPhone bekas dalam kondisi fullset normal: iPhone 4/4s (300-500k) tergantung kapasitas memori, iPhone 5/5c/5s (500-1jt) tergantung kapasitas memori, iPhone 6/6s/6s+ (1jt-2,5jt) tergantung kapasitas memori, iPhone 7/7+ (2,8jt-4jt) tergantung kapasitas memori.

Jika harga iPhone bekas yang akan kalian beli diluar harga yang saya sebutkan (terlalu murah) kalian patut waspada. Saya tidak mencantumkan iPhone generasi 8 dan seterusnya karena masih jarang yang menjual dalam kondisi bekas atau second jadi saya kurang tahu pasaran harganya.


2. Kelengkapan

Selain harga, kalian juga perlu memperhatikan kelengkapannya. Jika membeli iPhone dalam kondisi lengkap (original) menjadi keuntungan sendiri bagi kita. Membeli iPhone dalam kondisi bekas yang semua aksesorisnya masih lengkap sangat jarang ditemui.

Jika kalian menemukan ada yang menjual iPhone bekas dalam kondisi fullset termasuk kepala charger, kabel data, earpod, buku petunjuk, dll pastikan dahulu bahwa aksesorisnya original. Jika sudah terbukti original, itu menjadi jaminan bahwa iPhone tersebut bukan merupakan barang curian atau refurbish.


3. Kemulusan

Hal yang pertama kali orang perhatikan saat membeli barang bekas atau second adalah kemulusan barangnya. Namun berbeda dengan iPhone, iPhone seri lawas yang bagian luarnya kelewat mulus perlu kalian curigai karena bisa saja iPhone tersebut adalah barang refurbish.

Daritadi saya berbicara refurbish tanpa menyebutkan apa itu iPhone refurbish. Iphone refurbish adalah iPhone rusak yang diperbaharui baik bagian luar maupun dalamannya.


4. Fungsi Hardware

Hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli iphone bekas atau refurbish adalah fungsi dari hardware iPhone itu sendiri. Kalian harus teliti saat mengecek hardware iPhone yang ingin kalian beli terutama pada bagian layar, kamera, fungsi tombol, daya tahan baterai, dan sebagainya.

Namun mengecek seperti itu tidaklah cukup. Kita perlu mengecek apakah hardware dalam iPhone tersebut masih original atau sudah diganti dengan barang kw. Untuk mengeceknya, kalian bisa melihat caranya di bawah ini.


Cara Mengecek Hardware iPhone Menggunakan Software 3uTools

Mengecek iPhone secara kasat mata tidaklah cukup. Kalian harus mengecek bagian hardware dalam iPhone menggunakan software. Kalian bisa menggunakan software bernama 3uTools.

3uTools adalah software pihak ketiga yang dapat mengecek hardware di iPhone kita apakah sudah diganti atau belum. Untuk bisa melakukannya, kalian bisa mengikuti caranya di bawah ini.

1. Pertama, unduh dahulu software 3uTools di website resminya dengan mengetikkan "3uTools" di pencarian Google. Lalu klik tombol "Download" untuk mengunduh software 3uTools secara gratis.

3uTools

2. Klik unduh, ukuran software 3uTools hanya sekitar 100 MB an saja.

3uTools

3. Install software 3uTools di komputer/laptop kalian. Setelah terinstall buka software 3uTools kemudian hubungkan antara iPhone dengan komputer/laptop. Selanjutnya iPhone akan terdeteksi di software 3uTools, klik pada menu "View iDevice Details".

3uTools

4. Semua hardware iPhone kalian akan terdeteksi di software ini. Jika hasilnya berupa icon warna hijau bertuliskan normal berarti hardware tersebut belum pernah diganti, sebaliknya icon akan berubah merah jika hardware tersebut pernah diganti. 3uTools juga akan memberikan score untuk iPhone kita. Jika mencapai score 100 berarti belum ada hardware yang diganti pada iPhone tersebut.

3uTools

Kalian memerlukan koneksi untuk dapat mengetes dan mengecek hardware iPhone kalian di 3uTools. Selain bisa mengecek hardware iPhone, 3uTools juga bisa untuk mengecek produk nirkabel Apple lainnya seperti (iPad, iPod, dll).

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Hardware iPhone Menggunakan Software 3uTools"

Berlangganan via Email