Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Cloud Storage Gratis Terbaik dengan Limit Kapasitas Paling Besar

Cloud storage gratis terbaik dengan limit paling besar

Di zaman modern seperti sekarang ini, media penyimpanan sangat diperlukan. Kita bisa menyimpan foto, video, musik, dokumen, dan file lainnya di media penyimpanan. Media penyimpanan yang besar tentu akan semakin banyak file yang dapat disimpan.

Dewasa ini, telah banyak hadir perangkat yang memiliki media penyimpanan yang besar entah itu smartphone, PC, atau perangkat elektronik lainnya. Smartphone sekarang bisa menyimpan data hingga 512 GB. Berbeda dengan smartphone dulu yang kapasitas maksimal media penyimpanannya hanya 4 GB atau 8 GB saja.

Untuk kalian yang mempunyai perangkat elektronik yang memiliki penyimpanan besar tentu akan mudah untuk menyimpan file dalam jumlah besar sekalipun. Lantas bagaimana jika perangkat yang kita gunakan memiliki penyimpanan yang terbatas?

Kita bisa menggunakan layanan Cloud Storage untuk menyimpan file. Kita bisa mencadangkan semua file dari mulai foto, video, musik, hingga dokumen ke Cloud Storage.


Apa Itu Cloud Storage?

Seperti namanya, Cloud Storage adalah layanan penyimpanan data yang memanfaatkan koneksi internet untuk mentransfer file dari device ke server Cloud Storage. Data yang disimpan dalam Cloud Storage akan dimasukkan ke dalam server yang nantinya bisa kita unduh kembali data tersebut.

Gampangnya dengan menggunakan Cloud Storage kita seperti mempunyai media penyimpanan tambahan yang hanya bisa diakses melalui jaringan internet saja. Meskipun kini ada Flashdisk dan Harddisk eksternal untuk menyimpan data, namun teknologi Cloud Storage dinilai lebih praktis karena bisa digunakan dimanapun dan kapanpun kita mau.


Fungsi atau Manfaat Menggunakan Cloud Storage

Sebagai teknologi media penyimpanan baru, Cloud Storage memiliki banyak sekali fungsi atau manfaat. Berikut manfaat menggunakan layanan Cloud Storage.


1. Backup Data

Tak bisa dipungkiri, data dalam perangkat yang digunakan sangat rawan hilang. Bisa saja sewaktu-wakti data seperti foto, video, musik, hingga dokumen hilang tanpa kita duga. Kehilangan data yang penting tentu akan sangat buruk apalagi jika data tersebut merupakan data pekerjaan atau tugas sekolah

Cloud Storage hadir untuk mengatasi hal itu terjadi. Kita bisa mencadangkan atau melakukan Backup file ke Cloud Storage untuk mencegah kehilangan data yang kita inginkan. Data yang kita cadangkan di Cloud Storage akan lebih aman. Setidaknya kita mempunyai cadangan apabila file penting kita hilang.


2. Media Penyimpanan

Cloud Storage juga kira manfaatkan sebagai media penyimpanan. Setiap perangkat tentu memiliki batas penyimpanannya masing-masing sesuai dengan kapasitas yang diberikan pada perangkat tersebut. Kita akan sulit untuk menyimpan file dalam perangkat yang memiliki penyimpanan kecil.

Maka kita bisa menggunakan layanan Cloud Storage untuk menyimpan file besar yang tidak bisa disimpan di perangkat yang kita gunakan. Kita juga bisa mengambil file yang ada di Cloud Storage kapan saja kita mau.


3. Media Berbagi

Kita juga bisa berbagi file dengan memanfaatkan Cloud Storage. File yang diunggah ke Cloud Storage bisa kita bagikan tautannya ke orang lain. Orang lain tersebut bisa juga mengakses file yang kita unggah dan bisa mengunduh file tersebut.

Pemanfaatan Cloud Storage sebagai media berbagi bisa kita gunakan untuk berbagi file atau data dengan orang yang jauh semisal teman kantor atau rekan bisnis kita.


Layanan Cloud Storage Terbaik

Ada banyak sekali layanan Cloud Storage yang ada saat ini. Namun hanya beberapa yang memiliki layanan terbaik dan memberikan penyimpanan dengan limit yang besar. Berikut adalah daftar layanan Cloud Storage gratis terbaik.


#1. Google Drive

Google Drive

Yang pertama ada Google Drive. Siapa yang tidak mengenal layanan dari Google yang satu ini. Semua orang pasti tahu dan pernah menggunakan layanan Cloud Storage ini. Google Drive merupakan layanan Cloud Storage dari Google yang di mana setiap penggunanya mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 15 GB. Para pengguna juga bisa meningkatkan penyimpanan dengan membayar biaya berlangganan.

Google Drive merupakan salah satu Cloud Storage dengan server tercepat saat ini. Layana ini bisa kalian gunakan untuk menyimpan data sangat mudah dan hanya membutuhkan akun Gmail saja. Secara langsung juga terhubung dengan Google Photos, Contact, dan Message di smartphone sehingga bisa mencadangkan data di smartphone kapan saja dan di mana saja.


#2. OneDrive

OneDrive

Kedua ada OneDrive. Layanan Cloud Storage ini dikembangkan oleh Microsoft. Sebelum namanya menjadi OneDrive, layanan ini bernama SkyDrive. OneDrive menyediakan ruang sebesar 5 GB untuk setiap akun. Sama seperti Google Drive, OneDrive juga memiliki server yang cepat dan stabil kecepatannya.

Kalian bisa menggunakan OneDrive dengan membuat akun Microsoft. Bisa juga masuk atau mendaftar menggunakan akun Google dan Facebook. Selain Google Drive, OneDrive juga menjadi salah satu pilihan Cloud Storage terbaik setidaknya sampai artikel ini dibuat.


#3. DropBox

DropBox

Ketiga ada DropBox. DropBox merupakan layanan Cloud Storage asal Amerika Serikat yang diluncurkan pada tahun 2007. Layanan ini memberikan ruang penyimpanan sebesar 2 GB untuk setiap akun. Kalian juga bisa menambah penyimpanan jika dirasa kurang dengan membayar biaya langganan.


#4. Mega

MEGA

Keempat adalah Mega. Mega merupakan layanan storage dengan penyimpanan paling besar. Masing-masing akun diberikan limit yang amat besar yaitu 50 GB. Sebelum menjadi Mega, layanan Cloud Storage dengan logo M ini bernama Megaupload. Namun Megaupload bangkrut pada tahun 2012 dan diganti Mega oleh pendiri yang sama.

Mega juga memiliki kecepatan server yang terbilang cepat. Selain itu ruang penyimpanannya sangat besar, lebih besar dari kompetitor layanan Cloud Storage lain. Menjadikan Mega sebagai Cloud Storage yang cocok untuk mencadangkan data yang besar.


#5. MediaFire

MediaFire

Kelima adalah MediaFire. Tentu kalian tidak asing dengan layanan Cloud Storage yang satu ini. Sama seperti Mega, MediaFire juga memberikan penyimpanan dengan limit yang besar. Namun untuk menikmati penyimpanan dengan limit yang besar kalian harus mengajak orang untuk menggunakan MediaFire (referral). Selain itu MediaFire juga memiliki kecepatan server yang tidak dibatasi sehingga cocok untuk mengunduh dan mengunggah file ukuran besar.


#6. Yandex Disk

Yandex Disk

Keenam adalah Yandex Disk. Mungkin kalian familiar dengan kata Yandex. Ya, mungkin kalian sering mendengar kata Yandex di Search Engine atau Email. Yandex merupakan perusahaan asal Rusia yang merupakan pesaing Search Engine Google.

Selain menyediakan Search Engine dan layanan Email, Yandex juga menyediakan layanan penyimpanan awan (Cloud Storage). Yandex Disk menyediakan ruang penyimpanan sebesar 10 GB untuk setiap akun Yandex.


#7. Box

Box

Ketujuh adalah Box. Box merupakan salah satu layana penyedia pemyimpanan yang memberikan keamanan file tiap penggunanya. Kita bisa memberikan password atau kata sandi untuk setiap link atau tautan file yang dibagikan. Box memberikan limit hingga 10 GB untuk setiap akun Box secara gratis.


#8. pCloud

pCloud

Kedelapan adalah pCloud. pCloud merupakan salah satu Cloud Storage yang memberikan limit penyimpanan yang lumayan besar. pCloud memberikan penyimpanan sebesar 10 GB untuk semua akun dan bisa menambahkannya dengan cara mengajak teman untuk menggunakan pCloud dengan kode referral.


#9. iCloud

iCloud

Kesembilan adalah iCloud. iCloud merupakan Cloud Storage yang dikembangkan oleh Apple. Layanan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang menggunakan produk Apple saja seperti iPhone, iPad, iMac, Macbook, dan lain-lainnya.

Meskipun tidak bisa digunakan oleh semua orang, iCloud memberikan layanan yang baik untuk para penggunanya. iCloud bisa mencadangkan pesan, kontak, riwayat panggilan di iPhone dan iPad. Selain untuk mencadangkan data, iCloud juga bisa digunakan untuk melacak perangkat Apple yang hilang.


#10. FlipDrive

FlipDrive

Kesepuluh adalah FlipDrive. Layanan Cloud Storage yang satu ini menawarkan limit 10 GB untuk tiap pengguna dan bisa ditambahkan dengan menggunakan kode atau program referral. FlipDrive dapat digunakan untuk menyimpan data, mengakses data, mengunduh data, dan mencadangkan data yang ada di perangkat kalian.


#11. Degoo

Degoo

Kesebelas adalah Degoo. Hal pertama yang saya kagum dengan Cloud Storage ini adalah penyimpanan yang amat sangat besar. Bahkan lebih besar dari Mega. Jika kebanyakan Cloud Storage memberikan media penyimpanan sebesar 10 GB saja, Degoo memberikan penyimpanan sebesar 100 GB.

Dengan ukuran penyimpanan sebesar 100 GB, kalian bahkan bisa mencadangkan seluruh isi ponsel kalian ke Degoo. Jika dianggap masih kurang, kalian juga bisa menambahkannya lagi menggunakan kode referral (5 GB untuk setiap kode referral yang digunakan).


#12. Sync

Sync

Keduadua belas adalah Sync. Sync merupakan layanan Cluoud Storage yang memberikan penyimpanan sebesar 5 GB untuk semua akun. Keistimewaan Cloud Storage ini adalah keamanannya yang baik dan permanen. Sync mempunyai enkripsi end-to-end untuk memastikan file yang kalian unggah ke Sync aman. Selain itu masa berlakunya juga permanen. Artinya kalian bisa menggunakan Sync tanpa mengenal batas waktu penggunaan. File yang diunggah ke Sync tidak akan hilang walau dalam waktu yang lama sampai kapanpun.


#13. 360 Cloud Drive

360 Cloud Drive

Ketiga belas adalah 360 Cloud Drive. Jika memakai Degoo dengan kapasitas 100 GB dirasa kurang  besar, tenang saja karena masih ada yang lebih besar lagi yaitu 360 Cloud Drive. 360 Cloud Drive merupakan layanan Cloud Storage dari negeri Tiongkok yang menyediakan penyimpanan hingga 360 GB. Jika dirasa masih kurang juga, kalian bisa upgrade hingga 10 TB.

Kekurangan dari 360 Cloud Drive ini adalah bahasa pada aplikasi, software, dan website mereka masih menggunakan bahasa mandarin sehingga harus di terjamahkan dulu jika mau menggunakan layanan Cloud Storage yang satu ini.


#14. HubiC

hubiC

keempat belas adalah HubiC. Hubic merupakan layanan Cloud Storage gratis yang memberikan limit penyimpanan hingga 25 GB untuk setiap akun. HubiC bisa digunakan di semua platform mulai dari Windows, Mac, Android, hingga iOs.


#15. Amazon Cloud Drive

Amazon Cloud Drive

Kelima belas sekaligus terakhir adalah Amazon Cloud Drive. Sebagai perusahaan besar, Amazon juga menyediakan layanan Cloud Storage. Amazon Cloud Drive memberikan layanan Cloud Storage yang bisa digunakan untuk menyimpan data seperti foto, video, atau file lain.

Itulah dia beberapa Cloud Storage gratis terbaik dengan limit penyimpanan paling besar. Mana yang menjadi favoritmu?

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "15+ Cloud Storage Gratis Terbaik dengan Limit Kapasitas Paling Besar"

Berlangganan via Email