Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih iOS atau Android? Ini Perbedaan dan Perbandingannya

Pilih iOS atau Android

Di zaman yang serba modern ini kebutuhan smartphone meningkat pesat. Entah untuk berkomunikasi, bersosialiasi, atau sebagai media hiburan seperti bermain game dan mendengarkan musik. Banyak sekali fungsi smartphone bagi kehidupan kita sehari-hari.

Dalam memilih smartphone baru, kita dihadapkan pada dua pilihan yaitu sistem operasi. Sekarang ini ada dua sistem operasi yang ada di smartphone yaitu iOS dan Android. Pasti kalian sudah mengenal kedua sistem operasi tersebut bukan?

Sistem operasi iOS adalah sistem operasi pada smartphone yang dikembangkan oleh Apple. Sistem operasi ini hanya tersedia untuk perangkat milik Apple saja dan tidak ada di smartphone lainnya. Sedangkan Android adalah sistem operasi smartphone yang dikembangkan sendiri oleh Google dan bersifat Open Source sehingga produsen smartphone mana saja bisa memakai sistem operasi buatan Google ini.

Kedua sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita sebagai konsumen pasti bingung saat memilih antara smartphone dengan sistem operasi iOS atau memilih smartphone dengan sistem operasi Android.


Kelebihan iOS Dibandingkan Android

Sistem operasi iOS. Apple mulai merencanakan iOS pada tahun 2005 dan diluncurkan pada tahun 2007. Apple terus menerus mengembangkan iOS dan memperbarui versi iOS setahun sekali. Kini iOS sudah masuk ke versi iOS 13 dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.

Ada beberapa kelebihan iOS yang tidak dimiliki oleh Android. Berikut kelebihan iOS dibanding Android.


1. Kemanan Super Ketat

Apple telah menjamin keamanan setiap pengunanya dari serangan yang mengincar data privasi pengguna. Apple juga telah memperkuat sistem keamanan iOS agar terhindar dari Malware yang berbahaya bagi perangkat yang menggunakan iOS seperti iPhone, iPad, dan iPod.

Tak hanya sampai di situ saja, Apple menanam sebuah chip keamanan pada seri chipset A7 sampai chipset terbaru sekarang ini. Chip keamanan tersebut diberi nama "Enklave Aman". Enklave Aman adalah sebuah chip yang ditanamkan untuk mengunci dan menjaga keamanan pengguna melalui sistem terenkripsi dan nomor acak yang ada di perangkat keras (Hardware) iPhone, iPad, dan iPod.

Apple juga merekomendasikan pengguna menggunakan dan membuat akun iCloud di smartphone mereka. Dengan adanya iCloud, pengguna bisa menggunakan fitur untuk mencari ponsel mereka yang hilang atau dicuri. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna.


2. Jaminan Update

Semua perangkat Apple yang menggunakan iOS mendapatkan jaminan pembaruan sistem ke versi iOS terbaru paling tidak sampai empat tahun kedepan. Hal ini merupakan salah satu kelebihan iOS yang paling membuat penggunanya merasa senang.

Misalnya saja kalian membeli iPhone 11 pada tahun 2020 dengan versi iOS 13. Berarti kalian akan mendapatkan pembaruan iOS sampai tahun 2024 dengan versi iOS 17.


3. Tampilan yang Eye Catching

Kelebihan iOS lainnya terdapat pada tampilannya yang keren dan minimalis. Menatap tampilan iOS membuat mata terasa segar dan hampir tidak membuat bosan. Apple sukses membuat suatu sistem operasi di mana penggunanya betah menggunakan tampilan iOS.

Icon kotak dengan warna yang gonjreng, tampilan notification center yang minimalis, gesture yang smooth merupakan beberapa keunggulan tampilan pada iOS.


4. Sistem yang Ringan

IOS juga memiliki sistem yang sangat ringan. Meski mempunyai banyak fitur serta tampilan yang keren, Apple tetap memperhatikan efisiensi penggunaan sistem di iOS. Bayangkan saja, iPhone generasi jadul seperti iPhone 6 yang mempunyai RAM 2 GB masih sangat layak digunakan di tahun 2020 ini. Berbeda dengan Android yang di tahun 2020 ini berlomba-lomba membuat smartphone dengan RAM yang besar.


Kelebihan Android Dibandingkan iOS

Sistem operasi Android. Android pada awalnya merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh (Android.inc) pada tahun 2003. Kemudian sistem operasi ini diakuisisi oleh Google pada tahun 2005. Google terus menerus mengembangkan Android hingga saat ini.

Kini Android telah banyak berkembang dan mempunyai banyak kelebihan. Berikut kelebihan Android diantaranya.


1. Open Source

Android adalah salah satu sistem operasi yang Open Source. Karena bersifat Open Source, para vendor smartphone bebas menggunakan sistem operasi ini dan melakukan kustomisasi pada user interface Android.

Hal ini yang membuat Android digunakan oleh semua brand smartphone saat ini. Brand seperti Xiaomi, OPPO, VIVO, Realme, Huawei, dll mengkustomisasi user interface Android menjadi lebih keren dan menambahkan beberapa fitur di dalamnya untuk memudahkan pengguna.


2. Harga Beraneka Ragam

Karena bersifat Open Source dan digunakan oleh banyak brand smartphone, harga smartphone Android menjadi sangat beraneka ragam. Kita bebas memilih smartphone Android yang sesuai dengan budget yang kita miliki.

Harga dari smartphone Android biasanya sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Semakin rendah spesifikasi yang dimiliki smartphone Android tentu harganya semakin murah, begitu pula sebaliknya semkain tinggi spesifikasi yang dimiliki smartphone Android tentu harganya semakin mahal.


3. Pengguna yang Lebih Banyak

Seperti yang kita tahu, harga perangkat iOS sangat tinggi membuat tidak semua orang bisa membelinya. Berbeda dengan Android, smartphone Android memiliki harga yang beraneka ragam disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Karena harga yang beraneka ragam tersebut membuat pengguna smartphone Android menjadi lebih banyak ketimbang pengguna iOS (iPhone). Pengguna yang banyak tentu sangat menguntungkan misalnya saja menjalin komunitas, membahas kelebihan dan kekurangan smartphone Android yang dimiliki antar pengguna, dan lain-lain.


4. Dukungan Aplikasi yang Beragam

Android memiliki dukungan aplikasi yang lebih banyak ketimbang iOS. Hal ini karena Apple memberikan seleksi yang super ketat agar aplikasi bisa masuk ke App Store. Berbeda dengan Android yang bisa menginstall aplikasi pihak ketiga walau di luar Google Play Store.


5. Bisa Oprek

Seringkali kita mendengarkan kata oprek. Apa itu oprek? oprek adalah mengutak atik, memodifikasi, hingga memperbaiki perangkat Android. Seperti yang kita tahu hampir semua vendor smartphone bisa dioprek. Oprek akan memudahkan kita dalam penggunaan smartphone sehari-hari. Kita juga bisa memodifikasi sistem Android semau kita dengan melakukan Custom ROM.


Lebih Baik Pilih  iOS atau Android?

Jika kalian bertanya mana yang lebih baik antara iOS dan Android maka jawabannya adalah sama saja. Baik iOS dan Android memiliki kelebihannya masing-masing. Keduanya juga mempunyai target pasar yang berbeda. Untuk iOS, iOS menargetkan pengguna dari kalangan atas yang ingin terlihat proffesional dan terjaga privasinya. Sedangkan Android lebih menargetkan ke pasar umum di mana semua orang bisa menggunakan perangkat smartphone dengan sistem operasi Android. Semua tergantung dari kebutuhan dan budget yang kalian miliki.

Jika kalian adalah seorang pekerja kantoran yang ingin privasinya terjaga dan mempunyai budget lebih, kalian boleh memilih perangkat iOS. Jika kalian adalah seorang yang hobi utak-atik smartphone dan mempunyai budget yang terbatar, kalian bisa memilih Android sebagai smartphone sehari-hari.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Pilih iOS atau Android? Ini Perbedaan dan Perbandingannya"

Berlangganan via Email