Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mechanical Keyboard, Wajib Tahu!

Kelebihan dan kekurangan menggunakan keyboard mechanical

Keyboard menjadi aksesoris yang penting saat mengoperasikan komputer (PC). Tanpa adanya keyboard, kita tidak bisa mengetik. Keyboard juga bisa berfungsi untuk melakukan perintah cepat (Shortcut) menggunakan tombol FN.

Keyboard atau papan ketik pertama kali ditemukan pada tahun 1868 oleh Christopher Latham. Keyboard mulai banyak dipasarkan dan diperjual belikan mulai tahun 1877 sampai sekarang ini. Selain ada di komputer, keyboard juga ada ada di laptop.

Keyboard laptop biasanya memiliki ukuran "keycaps" yang lebih ceper dan lebih kecil untuk menyesuaikan dengan ukuran laptop. Pada dasarnya ada dua jenis keyboard yaitu keyboard membrane dan keyboard mechanical.

perbedaan antara keyboard membrane dan keyboard mechanical terletak pada bagian tombol-tombolnya. Keyboard membrane menggunakan karet untuk menghubungkan tombol dengan PCB keyboard.

Berbeda dengan keyboard mechanical yang menggunakan switch untuk menghubungkan tombol-tombol keyboard dengan PCB. Mungkin keyboard mechanical masih kurang umum ditelinga kebanyakan orang.

Namun banyak juga yang sudah memakai keyboard mechanical hingga menjadi sebuah hobi. Ya, mereka mengoleksi keyboard mechanical sebagai hobi mereka. Unik bukan?


Kelebihan dan Kekurangan Memakai Keyboard mechanical Dibanding Keyboard Membrane

Berikut kelebihan dan kekurangan menggunakan keyboard mechanical jika dibandingkan menggunakan keyboard membrane.


Kelebihan Menggunakan Keyboard Mechanical

Keyboard mechanical punya daya tarik sendiri. Mengetik menggunakan keyboard mechanical mempunyai sensasi tersendiri. Suara yang berasal dari switch yang ada di keyboard mechanical membuat "Satisfying".

Tahukah kalian keyboard mechanical mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki di keyboard membrane. Apa saja kelebihannya? Ini dia.


1. Sensasi Mengetik

Kelebihan utama dari sebuah keyboard mechanical adalah sensasi saat mengetik. Mengetik menggunakan keyboard mechanical mempunyai sensasi tersendiri. Suara yang dihasilkan oleh switch sangat membuat kita puas.

Mengetik menggunakan keyboard mechanical juga menjadi lebih cepat dan lebih jarang Typo dibandingkan mengetik menggunakan keyboard membrane.


2. Switch yang Bisa Beraneka Macam

Keyboard mechanical mempunyai switch yang bisa dilepas dan diganti. Banyak macam switch yang ada di keyboard mechanical seperti contohnya Cherry MX, Outemu, dan Gateron. Tipe dan macam switchnya pun beraneka ragam mulai dari tipe yang berisik "Tactile" hingga tipe yang tidak mengeluarkan suara "Silent".

Namun perlu diketahui, tidak semua keyboard mechanical bisa dilepas switchnya. Ada juga keyboard mechanical yang switch nya sudah paten dan tidak bisa dilepas.


3. Keycaps yang Bisa Dibongkar Pasang

Selain Switchnya yang bisa dilepas, keycaps di keyboard mechanical juga bisa dilepas pasang hingga digonta ganti. Keycapsnya pun mempunyai warna yang "eye catching" dan bisa kombinasikan sesuai dengan selera.


4. Daya Tahan

Salah satu kelebihan yang paling penting adalah daya tahannya. Keyboard mechanical mempunyai daya tahan yang jauh lebih lama dibandingkan dengan keyboard membrane biasanya. Hal ini karena hampir semua bagian komponen keyboard mechanical bisa dibongkar pasang.

Sehingga misalnya jika ada salah satu tombol yang rusak, tidak perlu membeli keyboard baru. Cukup periksa dan ganti switch nya. Selain itu keyboard mechanical juga lebih gampang dibersihkan.


Kekurangan Menggunakan Keyboard Mechanical

Dibalik kelebihannya yang sangat banyak jika dibandingkan dengan keyboard membrane, keyboard mechanical juga memiliki sedikit kekurangan. Apa saja kekurangannya? Ini dia.


1. Harga yang Lumayan Menguras Kantong

Harga keyboard mechanical jauh lebih tinggi dibandingkan keyboard membrane pada umumnya. Harga keyboard mechanical yang paling murah berkisar antara 300-500 Ribu Rupiah, sedangkan yang seri premium dari brand yang sudah besar seperti Ducky bisa mencapai harga jutaan Rupiah. Cukup mahal bukan?

Hal ini berbanding terbaik dengan keyboard membrane yang mempunyai harga jauh lebih murah. Kurang dari 100 Ribu Rupiah saja kita sudah bisa memiliki sebuah keyboard membrane.


2. Berisik saat Digunakan

Suara yang dihasilkan keyboard mechanical saat digunakan mengetik jauh lebih keras dibandingkan mengunakan keyboard membrane. Suara yang dihasilkan karena mekanisme mechanical menghasilkan bunyi "tak tak tak". Bagi yang tidak suka suara berisik mungkin akan sedikit terganggu.

Hal ini bisa diakali dengan mengunakan switch yang bertipe "Silent". Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mechanical Keyboard, Wajib Tahu!"

Berlangganan via Email