Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Wajib Pakai SSD, Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan SSD

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kita lebih mudah untuk mengerjakan pekerjaan apapun. Selain memudahkan kita dalam mengerjakan suatu hal, perkembangan teknologi juga membuat pekerjaan yang kita kerjakan menjadi lebih cepat selesai.

Di zaman modern ini semua hal bisa dilakukan dengan cepat entah itu mengerjakan pekerjaan kantor, mengerjakan tugas sekolah, atau berselancar di internet. Perkembangan teknologi yang semakin maju juga berpengaruh terhadap dunia PC (Personal Computer).

Zaman dulu sebelum ada PC kita mengerjakan semua dengan cara manual. Mulai dari menulis menggunakan tangan, mengerjakan soal secara manual, dan lain sebagainya. Berbeda dengan sekarang di mana sudah tersedia perangkat bernama PC.

PC juga mengalami perkembangan dari masa ke masa. Di zaman dulu PC masih dalam bentuk yang besar dan harus dioperasikan oleh banyak orang untuk dapat dijalankan. Berbeda dengan sekarang yang sudah ada laptop yang bisa dibawa ke mana saja.

Tak hanya perkembangan ukuran saja, PC juga mengalami perkembangan di bagian performa Hardware. Dulu mungkin PC tidak sengebut sekarang di mana pada zaman dulu PC masih menggunakan prosesor dual core bahkan single core.

Tak hanya di bagian prosesor saja, Hardware PC lainnya juga mengalami perkembangan mulai dari VGA, RAM, hingga media penyimpanan. Berbicara mengenai media penyimpanan, media penyimpanan PC yang sering digunakan dan kita dengar adalah Harddisk. Harddisk merupakan media penyimpanan yang menggunakan piringan untuk menyimpan data. Kini, Harddisk sudah banyak digantikan dengan SSD (Solid State Drive).

SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan "Chip Memori" di dalamnya. SSD sebenarnya sudah mulai ditemukan pada tahun 1991 silam. Namun SSD baru mulai banyak digunakan pada pertengahan tahun 2018.

Ada beberapa jenis SSD mulai dari NVME, M.2, hingga SSD SATA. Banyak orang yang kini berpaling dari HDD (Harddisk) ke SSD (Solid State Drive). Kenapa? simak beberapa kelebihan dan kekurangan SSD di bawah ini.


Kelebihan SSD (Solid State Drive)

SSD tentu memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan HDD. Beberapa kelebihan SSD membuat para pengguna PC berpaling dari menggunakan HDD menjadi pindah menggunakan SSD. Berikut beberapa kelebihan SSD.


1. Lebih Cepat

Tak bisa dipungkiri, SSD memiliki teknologi penyimpanan yang lebih baru ketimbang HDD. Hal inilah yang membuat SSD jauh lebih cepat ketimbang HDD. SSD sejatinya merupakan media penyimpanan yang menggunakan chip memori di dalamnya sama seperti SD Card, Flashdisk, dan media penyimpanan lainnya.

Teknologi chip memori pada media penyimpanan SSD tentu jauh lebih efektif dan cepat ketimbang HDD yang masih menggunakan piringan yang berputar untuk menyimpan data.

Kecepatan SSD Sata saja bisa dua kali lebih cepat dibandingkan HDD, apalagi SSD NVME.


2. Lebih Ringkas

Berbeda dengan HDD yang memiliki bentuk kotak memanjang dan ukuran lebih besar, SSD memiliki ukuran yang jauh lebih ringkas. SSD SATA hanya berukuran setengah dari ukuran HDD. Sementara SSD NVME dan M.2 hanya seukuran kepingan coklat saja.


3. Lebih Awet

SSD jauh lebih awet soal pemakaian jangka panjang karena SSD terdiri dari chip memori yang disolder. Sementara HDD terdapat piringan yang berputar di dalamnya. Piringan dalam HDD sangat sensitif dengan adanya guncangan. Sedikit guncangan saja bisa fatal akibatnya, apalagi jika sampai terebentur bendar kerjas.

Jika HDD sampai terbentur benda keras atau bahkan terjatuh, piringan dalam HDD akan melambat atau bahkan berhenti berputar. Jika sampai piringan dalam HDD berhenti berputar, maka HDD tersebut akan rusak dan semua datanya akan hilang.

Selain tahan terhadap benturan, SSD juga tahan terhadap suhu yang tinggi. Suhu pengoperasian SSD yang aman adalah di bawah 40 derajat celcius.


Kekurangan SSD (Solid State Drive)

Sebaik baiknya suatu produk buatan manusia pasti ada kekurangannya. Begitu pun dengan SSD. Berikut adalah beberapa kekurangan SSD yang wajib kalian tahu.


1. Harga

SSD memiliki harga yang jauh lebih tinggi ketimbang HDD. Harga SSD SATA dengan kapasitas 240 GB saja harganya bisa mencapai 500 ribu Rupiah. Dengan harga segitu tentu kita bisa mendapatkan HDD denagn kapasitas 1 TB (1000 GB).


Apakah Wajib Menggunakan SSD?

Jika kalian mempunyai dana lebih dan membutuhkan penyimpanan yang awet, tahan lama, serta cepat tentu kalian wajib memilih SSD sebagai media penyimpanan di PC kalian. Pilih SSD NVME jika ingin kecepatan yang maksimal karena NVME memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi ketimbang SSD SATA dan M.2.

Pilih juga merk SSD yang berkualitas dan jelas garansinya. Jangan tergoda membeli SSD abal-abal dengan kapasitas besar dan harga murah. Pilih SSD dengan merk yang jelas seperti Samsung, WD, Sandisk, Kingston, Adata, dan masih banyak lagi.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Alasan Wajib Pakai SSD, Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya"

Berlangganan via Email