Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek, Ketentuan, dan Hal Penting untuk Klaim Garansi Oppo Indonesia

Cara cek, ketentuan, dan hal penting untuk klaim garansi Oppo

Oppo merupakan salah satu brand smartphone asal negeri Tiongkok yang berhasil menjual ponsel terbanyak di Tiongkok pada tahun 2016 dan menduduki peringkat liba besar brand dengan penjualan terbesar di dunia saat ini. Oppo masih satu induk perusahaan dengan Vivo dan Realme di bawah BBK Electronics. Brand yang mempunyai logo bertema hijau ini memang sangat rajin dalam membuat smartphone dengan kamera selfie yang berkualitas baik.

Tak hanya soal kamera, kesuksesan Oppo juga terletak pada Brand Ammbasador mereka yang dari kalangan artis yang terkenal seperti Chelsea Islan, Isyana Sarasvati, Raisa, Rio Haryanto, dan masih banyak lagi Brand Ammbasador Oppo lainnya.

Seperti yang kita tahu, smartphone-smartphone Oppo unggul di bagian kameranya terutama kamera depan. Hasil foto dari kamera smartphone Oppo dapat membuat wajah kita menjadi lebih putih karena efek Beutify yang ada pada setiap kamera smartphone Oppo. Itulah alasan mengapa smartphone Oppo populer di kalangan wanita.

Brand yang satu ini semakin lama semakin meningkatkan kualitas produk dan layanannya. Bahkan kini Oppo mempunyai anak perusahaan bernama Realme. Seperti yang kita kenal anak perusahaan Oppo tersebut banyak meluncurkan smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi namun dengan harga yang murah.

Oppo juga tidak menjual smartphone saja, kini Oppo menjual barang elektronik nirkabel lainnya seperti TWS. Tak hanya produk-produknya saja yang berkembang, pelayanan Oppo juga terus dikembangkan. Oppo terus meningkatkan pelayanan serta memperluas cabang Service Center mereka di berbagai kota di Indonesia.

Tak hanya di kota besar saja, Service Center Oppo juga kini ada di kota-kota kecil dan sudah lumayan menyeluruh (walaupun tidak semua daerah). Service Center yang banyak dan menyeluruh membuat para konsumen Oppo tenang jika mengalami adanya cacat produk atau kerusakan pada produk Oppo yang mereka beli.

Oppo berkomitmen untuk mengganti setiap komponen atau spare part produk dengan barang yang baru (bukan mengambil dari komponen produk lain apalagi barang refurbish). Untuk ponsel Oppo, semua komponen yang diganti sewaktu masa perbaikan mengikuti sisa masa garansi ponsel tersebut. Untuk aksesoris, Oppo memberikan garansi maksimal 6 Bulan sejak tanggal pergantian.


Cara Cek, Ketentuan, dan Hal yang Dipehatikan untuk Klaim Garansi Oppo di Service Center Resmi

Berbicara tentang Service Center, Service Center sendiri merupakan tempat untuk melakukan perbaikan dan pelayanan kepada pembeli yang sudah membeli produk dari suatu brand. Service Center yang tersebar luas di seluruh daerah dan pelayanan yang ramah menjadi kunci penting suksesnya suatu brand terutama smartphone.

Bergitu pula dengan Oppo. Oppo sudah banyak membangun gerai Service Center di seluruh daerah di Indonesia. Oppo menjamin para pelanggannya dapat melakukan klaim garansi di Service Center resmi Oppo.

Adapun masa garansi Oppo yang diberikan kepada setiap produk mereka.

Untuk unit ponsel (termasuk baterai) masa garansi yang beriberikan Oppo adalah 12 Bulan/1 Tahun dari tanggal pembelian  termasuk biaya komponen spare part dan biaya servis gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk unit aksesoris seperti kabel USB, Power Adaptor masa garansi yang diberikan Oppo adalah 6 Bulan termasuk biaya komponen spare part dan biaya servis gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk unit Car Charger VOOC masa garansi yang diberikan Oppo adalah 12 Bulan/1 Tahun termasuk biaya komponen spare part dan biaya servis gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk Power Bank masa garansi yang diberikan Oppo adalah 12 Bulan/1 Tahun termasuk biaya komponen spare part dan biaya servis gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk Earphone (temasuk TWS) masa garansi yang diberikan Oppo adalah 12 Bulan/1 Tahun termasuk biaya komponen spare part dan biaya servis gratis tanpa dipungut biaya apapun.


Cara Cek Masa Berlaku Garansi Oppo

Masa garansi Oppo dimulai dari sejak tanggal pembelian. Jika kalian ragu atau lupa kapan tanggal pembeliannya, kalian bisa mengecek masa berlaku garansi Oppo langsung di website resmi mereka di sini. Buka alamat website resmi Oppo, kemudian isikan Nomor IMEI dan kode validasi lalu terakhir klik pada bagian "Cek sekarang".

Cek garansi Oppo

Bagaimana cara melihat alamat IMEI di ponsel Oppo? kalian bisa masuk ke menu teleon lalu mengetik *06# maka IMEI smartphone Oppo kalian akan muncul. Bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga atau melihat IMEI pada kemasan produk.

Selain melalui website resmi Oppo, kalian juga bisa menggunakan aplikasi bernama Oppo Service untuk mengecek apakah produk Oppo kalian masih masuk masa garansi atau tidak.


Ketentuan Garansi Oppo

Setelah memastikan bahwa produk Oppo yang kalian miliki masih masuk ke dalam masa garansi Oppo, selanjutnya kalian harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk dapat mengklaim garansi Oppo di Service Center resmi mereka.

Berikut ketentuan-ketentuan garansi Oppo Indonesia. Garansi Oppo tidak berlaku jika.

  1. Produk sudah melewati masa garansi yang ditetapkan.
  2. Tidak ada bukti pembelian yang valid, namun berlaku pengecualian jika pembeli dapat menunjukkan bahwa produk masih dalam masa garansi.
  3. Kerusakan akibat pengguna (Human Error) seperti tercebur, kena air, jatuh dari ketinggian, dll.
  4. Kerusakan yang diakibatkan karena bencana alam seperti misalnya banjir, badai, kebakaran, gempa, suhu ekstrem, dan lain sebagainya.
  5. Kerusakan akibat pemakaian sehari-hari misalnya tombol, aksesoris, casing, dll.
  6. Kerusakan akibat pembongkaran atau perbaikan di luar Service Center resmi Oppo Indonesia.
  7. Aksesoris Oppo yang nomor SN nya tidak dapat dilacak.

Kita sebagai pengguna harus mematuhi ketentuan dan syarat garansi agar dapat melakukan kalim garansi di Service Center resmi Oppo.


Hal Penting yang Harus Dilakukan saat Klaim Garansi Oppo

Adapun beberapa hal penting yang harus kalian siapkan sebelum membawa dan klaim garansi produk Oppo yang kalian miliki di Service Center. Beberapa hal penting tersebut diantaranya.

  1. Saat hendak melakukan klaim garansi, hendak membawa: salinan bukti pembelian yang valid, faktur asli pembelian yang lengkap dan distempel oleh penjual, sticker nomor IMEI pada kartu garansi yang tidak boleh robek.
  2. Sebelum memperbaiki ponsel di Service Center Oppo wajib melakukan Back up data terlebih dahulu dan kemudian menghapus semua data pribadi seperti pesan, nomor telepon, atau foto dan video yang tersimpan pada ponsel yang ingin kalian klaim garansi dengan tujuan menghindari kehilangan data dan menjaga privasi para konsumen Oppo.
Oppo tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kebocoran data pengguna yang mengklaim garansi di Service Center.

Dengan mengetahui hal tersebut, kita sebagai pengguna tentu harus mencadangkan data penting kita sebelum mengklaik dan memperbaiki ponsel Oppo kita di Service Center.

Dengan membaca ketentuan-ketentuan dan hal penting untuk klaim garansi Oppo, sekarang kalian sudah tahu apa saja yang perlu kalian siapkan untuk mengklaim garansi Oppo di Service Center resminya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Cek, Ketentuan, dan Hal Penting untuk Klaim Garansi Oppo Indonesia"

Berlangganan via Email