Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Layanan Streaming Musik Terbaik Beserta Harga Langganannya

 Layanan streaming musik terbaik dan harganya

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik, hampir semua orang suka mendengarkan musik tak terkecuali anak-anak dan orang tua. Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda entah itu pop, rock, jazz, pop punk, hingga dangdut.

Kita bisa memainkan musik di smartphone, komputer/laptop, hinga DAP (Digital Audio Player). Pada zaman dahulu musik biasa diputar melalui saluran radio. Hingga zaman dimana memutar musik menggunakan CD Drive atau yang biasa disebut dengan kaset. Kaset biasanya berisikan album artis tertentu dan banyak dijual di toko kaset dengan harga yang relatif murah.

Di zaman modern seperti sekarang ini semua dilakukan serba cepat karena adanya akses internet. Tak terkecuali dengan musik. Kini kita bisa memainkan musik hanya dengan menggunakan koneksi internet di smartphone dan komputer/laptop kita.

Sekarang kita bisa menikmati musik dalam bentuk digital walaupun masih banyak juga artis yang meluncurkan album fisik mereka (kaset). Kita bisa menikmati musik menggunakan koneksi internet dengan memanfaatkan aplikasi musik streaming.


Aplikasi Layanan Streaming Musik Terbaik dan Harga Langganannya

Ada banyak sekali layanan aplikasi musik streaming dari yang gratis hingga yang berbayar. Beberapa diantaranya harus membayar biaya langganan setiap bulannya untuk bisa menikmati layanan musik tersebut.

Harga yang dipatok setiap aplikasi streaming musik sangat bermacam-macam mulai dari belasan, puluhan, hingga yang paling mahal ratusan ribu Rupiah per bulannya. Apa saja layanan streaming musik terbaik? Ini dia.


1. Spotify

Spotify

Yang pertama ada Spotify. Spotify adalah layanan musik streaming yang sudah diluncurkan dari tahun 2008 silam. Aplikasi musik streaming ini menjadi aplikasi musik streaming dengan pengguna terbanyak saat ini. Bahkan pada tahun 2015 saja pengguna aplikasi ini sudah mencapai 75 juta orang.

Spotify menawarkan segudang fitur didalamnya seperti membuat playlist lagu sendiri, bisa berganti device dari smartphone ke PC atau sebaliknya, dan lain lain. Saya akui spotify menjadi aplikasi musik streaming dengan koleksi lagu terbanyak dan paling update. Kualitas maksimal audio yang dihasilkan spotify adalah MP3 320Kbps.

Tak hanya itu, di Spotify kita juga mendengarkan podcast. Kalian bisa menikmati Spotify secara gratis selama 3 bulan (masa trial) dengan memakai akun baru. Untuk biaya langganannya Spotify mematok harga Rp 54.990 selama tiga bulan atau sekitar Rp 18.000 sebulannya.


2. JOOX

JOOX

JOOX merupakan layanan aplikasi streaming yang didirikan oleh Tencent. Aplikasi streaming musik ini berasal dari negeri tiongkok. JOOX pertama kali diluncurkan di Hong Kong dan malaysia, hingga masuk ke Indonesia pada tahun 2015.

Aplikasi streaming musik ini menyediakan beragam kualitas musik yang bisa dipilih oleh penggunanya. Kualitas maksimal musik yang ada di JOOX adalah HQ atau setara FLAC 16bit. Untuk biaya langganan JOOX kalian bisa membayar sevesar Rp 139.000 untuk tiga bulan atau sekitar Rp 49.000 per bulannya.


3. YouTube Music

YouTube Music

Seperti yang kita ketahui, YouTube merupakan platform video online yang didirikan oleh Google. Tapi sejak bulan oktober 2015 silam, YouTube meluncurkan YouTube Music. YouTube Music adalah sebuah layanan streaming musik yang juga mencakup musik video yang ada di YouTube.

Koleksi lagu dari YouTube musik sendiri sangatlah lengkap. Bagaimana tidak, aplikasi ini juga mengambil lagu yang hanya ada di YouTube. Untuk kualitas maksimal audio YouTube musik adalah AAC 256Kbps. Untuk harga langganannya yaitu Rp 59.000 untuk satu bulan.


4. Apple Music

Apple Music

Siapa yang tidak kenal dengan Apple. Apple merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar yang banyak menjual perangkat nirkabel seperti iphone, ipad, imac, macbook, dan masih banyak lagi. Siapa sangka Apple juga memiliki sebuah layanan aplikasi streaming musik.

Aplikasi streaming musik buatan Apple diberi nama Apple Music. Layanan ini resmi diluncurkan pada 30 Juni 2015 di 100 negara. Apple Music adalah sebuah layanan streaming musik yang tak hanya ada untuk perangkat Apple saja melainkan sudah tersedia untuk Android.

Kualitas audio yang ada di Apple Music juga sangat jernih dan memiliki format AAC/M4A 256Kbps. Untuk harga langgannya sendiri, Apple mematok harga yang berbeda-beda untuk setiap kalangan.

Untuk pelajar, biaya langganan perbulannya sebesar Rp 29.000. Untuk akun perseorangan, biaya perbulannya sebesar Rp 49.000. Dan untuk akun keluarga, biaya perbulannya sebesar Rp 75.000.


5. Deezer

Deezer

Deezer merupakan aplikasi layanan streaming musik paling tua. Deezer pertama kali dikembangkan pada tahun 2006 silam oleh Daniel Marhley. Kini layanan musik streaming ini masih tetap aktif dan memiliki puluhan juta pengguna aktif dan belasan juta pengguna berbayar. Untuk biaya langganan Deezer yaitu sebesar Rp 49.990 untuk tiga bulan atau sekitar Rp 16.000 setiap bulannya. Sangat murah bukan?


6. Tidal

Tidal

Aplikasi layanan streaming musik yang terakhir adalah Tidal. Tidal merupakan layanan aplikasi streaming musik yang diluncurkan pada tahun 2014. Memang terbilang baru jika dibandingkan layanan streaming musik lainnya, namun Tidal memiliki kelebihan yang tidak dimiliki layanan streaming musik manapun. Apa kelebihannya?

Kelebihan Tidal terletak pada kualitas audionya. Kualitas audio Tidal tidak sembarangan. Bayangkan saja layanan musik streaming memiliki format audio loseless. Tentu audio yang dihasilkannya sangat bersih dan jernih. Tidal juga memiliki layanan audio dengan format khusus yaitu MQA (Mastery Quality Authenticated).

Untuk biaya langganan Tidal sendiri cukup lumayan mahal yaitu seharga $19,99 atau sekitar 294.000 untuk satu bulannya. Memang harga yang cukup tinggi, namun sebanding dengan kualitas audio yang ditawarkannya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "6 Layanan Streaming Musik Terbaik Beserta Harga Langganannya"

Berlangganan via Email