Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VRAM AMD Tidak Terbaca Seluruhnya? Ini Cara Mengatasinya

Mengatasi VRAM AMD yang tidak terbaca seluruhnya

Advanced Micro Devices atau lebih dikenal dengan singkatan AMD merupakan produsen CPU dan GPU. AMD adalah satu-satunya perusahaan yang memproduksi CPU dan GPU secara bersamaan. Di sektor CPU mereka bersaing dengan Intel, sedangkan sektor GPU mereka bersaing dengan Nvidia.

Persaingan melawan dua brand besar tidak membuat AMD sulit untuk bersaing. Buktinya AMD telah sukses dan meraih peningkatan pendapatan setelah mereka membuat seri RYZEN. Dimana RYZEN sekarang dikenal sebagai prosesor komputer yang powerfull sekaligus hemat daya.

Tak heran lebih banyak yang memilih untuk merakit PC nya menggunakan AMD RYZEN ketimbang Intel. Hal ini menjadi titik balik AMD melawan Intel setelah jatuh bangin AMD membat seri-seri prosesor terdahulu diantaranya Athlon, Duron, Sempron, Phenom, dll. AMD juga berhasil menjadi pemasok GPU terbesar setelah NVIDIA.

AMD terus menerus melakukan riset untuk meningkatkan kualitas dari CPU dan GPU mereka. Berbicara mengenai GPU, GPU (Graphics Processing Unit) atau lebih biasa disebut VGA adalah perangkat komputer yang bertugas untuk mengelola grafis. Tanpa adanya VGA, grafis komputer tidak akan menyala dan dioperasikan.

Ada dua jenis GPU/VGA yaitu dedicated dan integated. GPU Integrated adalah GPU yang sudah ditanamkan bersamaan dengan prosesor (CPU). GPU Integrated mempunyai kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan GPU Dedicated.

Kelebihannya, GPU Dedicated ini memiliki TDP (Thermal Design Power) yang jauh lebih rendah ketimbang GPU Dedicated. Menjadikan GPU Integrated ini lebih hemat daya.

Kekurangannya, GPU Integrated memiliki performa yang lebih rendah dibandingkan GPU Dedicated (tidak semuanya, tergantung seri).

Cara Agar VRAM AMD Radeon Terbaca Seluruhnya

Ada masalah yang sering ditemukan di GPU Integrated. Masalah ini sering ditemukan pada laptop atau komputer (PC) yang menggunakan AMD Radeon. Saya sendiri menggunakan laptop dengan IGP (Integarted Graphics Processing) Radeon R5.

Masalah yang saya temukan adalah VRAM di laptop saya tidak terbaca seluruhnya (lihat gambar di bawah). RAM yang saya gunakan sebesar 4GB DDR4 dimana VRAM harusnya terbaca sebesar 514MB. Namun nyatanya hanya terbaca sebesar 80MB saja.

AMD Radeon Software

VRAM yang tidak terbaca sepenuhnya sangat mengganggu. Apalagi saat membuka game yang membutuhkan VRAM yang besar seperti PES. Saya harus menyesuaikan settingan agar game tersebut dapat dimainkan.

Setelah mencoba-coba, akhirnya saya menemukan bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki VRAM yang tidak terbaca seluruhnya terutama IGP AMD Radeon. Ingin tahu bagaimana caranya?

1. Update Driver AMD Radeon

Driver merupakan hal yang sangat mempengaruhi jalannya suatu komponen komputer. Tak terkecuali dengan komponen GPU/VGA Card. Driver yang kurang update akan membuat GPU/VGA berjalan kurang optimal.

Untuk itu, kita harus sering melakukan pembaruan Driver. AMD Radeon sendiri mempunyai driver GPU/VGA dengan nama AMD Radeon Software yang bisa kalian unduh di situs resmi AMD. Sesuaikan juga dengan GPU/VGA yang kalian pakai agar dapat berjaman secara optimal.

2. Downgrade ke Windows 7

Downgrade windows bisa kalian lakukan apabila kalian mengalami masalah VRAM yang tidak terbaca sepenuhnya walaupun sudah memakai Driver terbaru. Hal ini pun yang saya lakukan di laptop saya. Saya memberanikan diri untuk downgrade ke windows 7 ultimate.

Sebelumnya saya memakai windows 10 Enterprise dan VRAM AMD Radeon di laptop saya tidak terbaca semuanya. Saya rasa pada windows 10 Enterprise yang saya pakai ada semacam bug sehingga IGP di laptop saya kurang berjalan dengan optimal.

3. Menambah RAM

RAM merupakan hal yang sangat berpengaruh apalagi ke IGP. IGP sejumlah RAM dan mengubahnya menjadi VRAM. Semakin besar RAM, maka akan semakin besar pula VRAM kita. IGD Radeon R5 yang saya pakai sendiri dengan RAM 4gb mempunyai VRAM 514MB, RAM 8gb mempunyai VRAM 1gb, bergitu seterusnya.

Untuk kalian yang ingin VRAM nya bertambah, kalian wajib untuk melakukan upgrade RAM. Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "VRAM AMD Tidak Terbaca Seluruhnya? Ini Cara Mengatasinya"

Berlangganan via Email