Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar pada Browser PC

Mengatasi video di browser yang tidak bisa diputar

Video merupakan konten yang sangat menghibur dan dapat dinikmati setiap saat. Hampir semua orang menyukai konten dengan format video ini. Tak terkecuali orang tua dan anak-anak. Pasalnya selain gambar yang dapat bergerak, di konten suara juga terdapat suara yang dapat didengar.

Anak-anak cenderung lebih suka menonton daripada membaca. Strategi inilah yang banyak digunakan oleh bimbingan belajar sekarang ini. Bimbel biasanya menyediakan konten belajar dengan format video agar dapat lebih dipahami oleh anak-anak.

Tak hanya anak-anak saja yang menyukai konten video, semua remaja pasti menyukainya. Menonton film, menonton anime, menonton video di YouTube pasti semua menyukainya. Untuk itu konten video sangat penting di kehidupan kita. Selain dapat menjadi media belajar, konten dengan format video juga dapat menjadi hiburan untuk mengisi waktu luang.

Banyak sekali platform yang menyediakan konten dengan format video seperti contohnya YouTube, Netflix, VIU, Iflix, hingga Tik Tok. Semua platform tersebut menyediakan konten format video yang dapat dinikmati oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Namun sering terjadi masalah terutama saat kita menonton atau membuka platform video online di Browser komputer (PC)/laptop kita. Video yang kita tonton biasanya suka berhenti sendiri atau bahkan sampai tidak bisa diputar sama sekali. Hal ini tentu sangat mengganggu kita apalagi saat sedang asyik-asyiknya menonton.

Bagaimana cara mengatasinya?


Cara Mengatasi dan Memperbaiki Video yang Tidak Dapat Diputar di Browser Komputer

Kita biasanya menikmati konten video di layar yang lebih besar. Layar yang lebih besar akan membuat pengalaman menonton menjadi jauh lebih seru ketimbang menonton di layar yang kecil. Seperti menonton YouTube atau Netflix di layar komputer (PC)/laptop.

Namun tidak jarang kita menemukan masalah dimana video yang kita tonton crash atau tidak bisa diputar sama sekali pada Browser komputer entah itu Chrome, Mozilla, Opera Mini, Edge, bahkan Vivaldi sekalipun.

Masalah ini memang tidak selalu kita temukan, namun jika kalian mengalami masalah video yang tidak bisa diputar di Browser komputer (PC)/laptop, ini dia cara mengatasi dan memperbaikinya.


1. Install Adobe Flash Player

Adobe Flash Player merupakan software atau lebih tepatnya plugin yang berfungsi mengatur segala aktifitas multimedia di komputer /laptop kita. Tanpa adanya Adobe Flash Player, konten multimedia tidak akan bisa berjalan dengan normal dan bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Masalah ini sering ditemukan di komuter/laptop baru dan yang baru menginstall OS. Karena plugin Adobe Flash Player belum terinstall, kalian tidak bisa menikmati konten multimedia seperti menonton video di YouTube.

Cara mengatasinya adalah dengan cara menginstall Adobe Flash Player. Kalian bisa langsung mendapatkan plugin ini di situs resminya, download, lalu install plugin ini. Selanjutnya restart komputer/laptop kalian dan konten multimedia akan langsung bisa kalian nikmati.


2. Update Adobe Flash Plater

Jika komputer/laptop kalian sudah terinstall Adobe Flash Player namun konten multimedia seperti video masih tidak bisa diputar, maka jawabannya adalah dengan melakukan pembaruan Adobe Flash Player.

Adobe Flash Player merupakan software/plugin yang sering melakukan pembaruan. Jika versi Adobe Flash Player di komputer/laptop kalian terlalu lama, konten multimedia juga akan sering bermasalah. Seperti biasanya kalian bisa mengupdate dengan cara mengunduh pembaruan yang ada di situr resminya.


3. Update Browser

Tak jarang masalah justru ada di Browser yang kita pakai. Browser yang kurang optimal atau terdapat bug didalamnya akan sangat merepotkan kita. Jika kalian sudah menginstall Adobe Flash Player versi terbaru dan video di Browser kalian masih belum bisa diputar maka masalah sebenarnya ada di Browser yang kalian pakai.

Browser versi beta tak jarang kadang terdapat bug, ya namanya juga versi beta. Kalian bisa mengakali masalah ini dengan menginstall Browser versi terbaru (non Beta) untuk mengatasi video yang tidak bisa diputar di  Browser komputer/laptop kalian.


4. Koneksi Internet

Koneksi internet juga kadang bermasalah. Jika ketiga solusi diatas sudah kalian coba dan masih belum berhasil juga maka ini adalah solusi terakhir yang bisa saya berikan. Koneksi internet yang lambat atau cepat namun tidak stabil bisa saja menyebabkan video di Browser komputer/laptop kalian tidak bisa diputar. Cara mengatasinya adalah dengan cara menggunakan jaringan internet yang cepat namun stabil. Stabil disini meliputi sinyal dan PING.

Itu saja yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar pada Browser PC"

Berlangganan via Email