Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Perbedaan Alpha, Beta, Demo, dll pada Video Game

Pengertian Alpha, Beta, Demo, Trial, dll di Video Game

Apa kalian suka bermain video game? video game merupakan sesuatu yang sangat mengasyikkan, apalagi jika dimainkan bersama orang lain. Pada zaman dulu, video game belum diciptakan. Orang-orang zaman dulu biasa memainkan permainan seperti kartu atau atau semacamnya.

Hingga game pertama diciptakan pada tahun 1950an. Pada saat itu game masih belum bisa dinikmati oleh banyak orang. Pada tahun 1970an game baru bisa dimainkan oleh umum. Waktu itu video game hanya tersedia di arcade saja.

Sangat berbeda dengan sekarang ini di mana kita bisa memainkan video game di konsol, PC, bahkan di smartphone.

Banyak sekali konsol yang ada saat ini mulai dari PS (Play Station) hingga konsol yang bisa dibawa kemana-mana seperti Nintendo Switch. Kehadiran video game juga terus meluas baik di PC maupun smartphone. Banyak sekali video game yang bisa kita mainkan di PC dan smartphone. Di PC dan smartphone, kita bisa memainkan game-game Mainstream baik offline maupun online. Banyak sekali pengembang video game saat ini, terutama game online.

Sekarang ini memang sedang maraknya bermain game online. Game yang bisa dimainkan oleh banyak orang dengan menggunakan koneksi internet ini memang sangat seru. Apalagi sekarang banyak diadakan turnamen game online untuk meraih kejuaraan serta hadiah yang menarik.

Tak hanya game online saja, game offline kini juga mulai dikembangkan. Banyak game offline (terutama di PC) yang mempunyai grafik yang baik serta jalan cerita yang menarik untuk diikuti.

Dalam game pernahkah kalian mendengar istilah Alpha, Beta, Demo, Trial, Full version, RIP, Full RIP, Repack, Reloaded, High compression, Freeware, SkidRow, dan Portable? apa arti dari istilah-istilah tersebut? berikut penjelasannya.


Alpha

Yang pertama adalah game Alpha. Alpha merupakan tahap paling awal game dibuat. Dalam tahap Alpha ini, tidak semua fitur di game dapat berjalan dengan lancar. Para pengembang game biasa membuat tahap Alpha menjadi tahap paling awal peluncuran game yang bisa dicoba oleh sebagian orang saja. Di tahap Alpha, pengembang akan memantau dan mencoba memperbaiki untuk selanjutnya diteruskan dalam tahap Beta.


Beta

Kedua adalah Beta. Beta merupakan lanjutan dari tahap Alpha. Jika tahap Alpha fitur game masih belum berjalan dengan baik dan masih terdapat bug pada game tersebut, di tahap Beta ini sudah agak mendingan. Tahap Beta merupakan tahap uji coba untuk memperbaiki bug yang masih ada setelah tahap Alpha. Orang yang mencoba game dalam tahap Beta disebut dengan Beta Tester.


Demo

Ketiga adalah Demo. Demo merupakan tahapan uji coba. Berbeda dengan tahap Alpha dan Beta, tahap Demo ini dibuat bukan dengan tujuan untuk mengatasi error atau bug pada game. Melainkan tahap Demo ini dibuat dengan tujuan uji coba secara gratis sebelum membeli game. Tahap ini bisa dinikmati oleh semua orang dengan cara membuka website atau halaman game yang menyediakan tahap Demo.


Trial

Keempat adalah Trial. Seperti namanya, game ini ini mempunyai batasan waktu untuk dapat dimainkan. Game Trial ini biasanya dibuat oleh pengembang untuk dibagikan ke banyak orang dengan tujuan unuk mencoba "icip" sebelum membeli game versi penuhnya. Berbeda dengan game Demo, game Trial ini diberi batasan waktu mulai dari beberapa menit hingga jam tergantung dari pengembang game itu sendiri.


Full Version

Kelima adalah Full Version. Seperti namanya, Full Version berarti versi penuh pada game. Full version merupakan game yang orisinal dari pengembang game tanpa ada pengurangan baik segi fitur atau kualitas tampilan pada game itu sendiri. Full Version merupakan kebalian dari game Trial di mana pada game Full Version tidak ada batas waktu untuk memainkan game tersebut.


RIP

Keenam adalah RIP. Game RIP atau sering disebut dengan istilah lain yaitu Ripped atau Ripping adalah suatu proses memperkecil ukuran (compress) suatu game. Biasanya yang diperkecil itu dari segi grafik dan audio yang menghasilkan ukuran game menjadi lebih kecil dari versi asli game tersebut sebelum di RIP.


Full RIP

Ketujuh adalah Full Rip. Full RIP merupakan versi lebih ekstrim dari RIP. Jika RIP hanya mengurangi bagian seperti grafik dan audio, game Full RIP hampir mengurangi seluruh aspek yang ada pada game. Bahkan, ada sebagian game Full RIP yang menghilangka fitur pada game menghasilkan ukuran file game yang jauh lebih kecil dari aslinya.


Repack

Kedelapan adalah Repack. Repack adalah versi game yang diperkecil "compress" pada bagian-bagian tertentu seperti pada potongan scene atau video tanpa mempengaruhi jalan cerita dan grafik pada game tersebut. Menghasilkan game dengan ukuran yang sedikit lebih ringkas dibandingkan game versi penuhnya.


Reloaded

Kesembilan adalah Reloaded. Game Reloaded sering disebut juga game bajakan karena game ini menggunakan crack. Game Reloaded tidak beda dengan game aslinya dari segi grafik dan ukuran, sehingga tidak ada beda yang signifikan game Reloaded dengan game versi aslinya. Satu-satunya yang membedakannya adalah Reloaded menggunakan Crack untuk bisa memainkannya.


High Compression

Kesepuluh adalah High Compression. Sesuai dengan namanya yang berarti pengecilan ukuran secara besar. High Compression adalah versi game yang dicompress dengan sangat kecil dari versi aslinya. Misalnya game dengan ukuran 30 GB dilakukan compress hingga menjadi 1 GB saja. Game High Compression cocok untuk kalian yang mempunyai kuota internet terbatas yang ingin mengunduh game ukuran besar. Namun perlu diperhatikan, game dengan High Compression sering terjadi error.


SkidRow

Kesebelas adalah SkidRow. SkidRow adalah suatu organisasi atau orang yang membajak game versi aslinya untuk dapat dimainkan secara gratis tanpa perlu membeli game tersebut. Game SkidRow termasuk dalam game ilegal dan sangat dibenci oleh pengembang game karena dianggap merugikan.


Portable

Kedua belas adalah Portable. Game Portable ini merupakan jenis game yang saya sukai. Game Portable adalah game yang dapat dimainkan tanpa perlu menginstallnya terlebih dahulu. Hanya perlu menyalin file game kita bisa langsung membuka dan memainkan game tersebut. Selain itu, game Portable ini juga bisa langsung dimainkan lewat penyimpanan eksternal seperti Flashdisk, Harddisk eksternel, SD Card, atau DVD Rom.


Kesimpulan

Itu dia istilah Alpha, Beta, Demo, Trial, Full version, RIP, Full RIP, Repack, Reloaded, High compression, Freeware, SkidRow, dan Portable dalam video game. Mana jenis game yang menjadi favorit kalian?

Kalau saya lebih memilih versi game Portable karena kita tidak perlu menginstall game tersebut untuk dapat memainkannya. Oh iya, meskipun ada banyak game bajakan yang dapat dimainkan secara gratis tapi lebih baik kalian membeli game yang original. Karena selain untuk mendukung pengembang game tersebut, membeli game original juga akan membuat PC kita aman dari virus.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Perbedaan Alpha, Beta, Demo, dll pada Video Game"

Berlangganan via Email