Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu DOS? Berikut Pengertian, Perintah, dan Jenis-Jenis DOS

Pengertian, perintah, dan jenis-jenis DOS

Pernahkah kalian membeli laptop atau notebook? jika pernah, apakah kalian meperhatikan tabel spesifikasi pada laptop atau notebook yang kalian beli? banyak sekali laptop yang bertuliskan DOS pada tabel sistem operasi di laptop atau notebook.

Banyak yang mengira kalau laptop atau notebook DOS merupakan laptop atau notebook dengan sistem operasi kosong (belum diinstall sistem operasi) padahal itu salah besar. DOS sebenarnya merupakan sistem operasi.

Banyak produsen laptop dan notebook yang menggunakan DOS sebagai sistem operasi bawaan. Hal ini biasa ditemukan di kebanyakan laptop Mainstream saat ini terutama yang harganya kisaran di bawah 5 juta Rupiah.

Untuk kalian yang baru mengenal DOS mungkin asing dengan nama ini. Untuk itu mari kita pelajari pengertian dari DOS, perintah yang ada di DOS, dan jenis-jenis DOS.


Apa Pengertian DOS?

DOS merupakan singkatan dari Disk Operating System. DOS sebenarnya merupakan sistem operasi yang digunakan oleh kebanyakan laptop dan notebook yang belum atau tidak diberikan sistem operasi Windows banyak pabrik.

DOS sering kita jumpai di laptop dan notebook Mainstream dengan harga yang terjangkau. Laptop dan notebook dengan harga yang terjangkau biasanya belum memiliki Windows bawaan. Untuk menggantikannya, produsen laptop dan notebook memberikan DOS sebagai sistem operasi bawaan.

Sistem operasi DOS adalah sistem operasi perintah teks yang bisa dioperasikan menggunakan Command Prompt. Sebelum ada Windows, sistem operasi DOS ini sudah mulai eksis duluan.

Tujuan produsen laptop dan notebook memberikan DOS adalah untuk mengetes dan memastikan Hardware pada laptop dan notebook bekerja sebelum mereka menjualnya ke pasaran.

Apakah sistem operasi DOS bisa digunakan? tentu bisa. Caranya kalian harus mempelajari perintah-perintah untuk menjalankan DOS. Banyak sekali perintah yang dapat kalian lakukan di DOS ini misalnya perintah untuk mengelola file, perintah untuk menyalin file, perintah untuk menghapus file, perintah untuk mengubah nama file, dan masih banyak lagi perintah DOS yang bisa kalian gunakan.


Jenis-Jenis DOS

Yang pertama ada MS-DOS. MS-DOS merupakan singkatan dari Microsoft Disk Operating System. MS-DOS termasuk suatu sistem operasi DOS yang paling banyak digunakan sebelum ada Windows (sistem operasi berbasis antarmuka grafis). Ya, MS-DOS merupakan pendahulu dari Microsoft Windows.

Sebelum Windows diciptakan, MS-DOS sudah lebih dulu menjadi sistem operasi yang digunakan pada perangkat komputer. Sistem operasi ini diluncurkan pada tahun 1981 dan terus dikembangkan oleh Microsoft sampai pada akhirnya perkembangannya dihentikan pada tahun 2000.

Bisa dibilang MS-DOS ini adalah awal kunci sukses Microsoft dalam membuat sistem operasi Mainstream hingga saat ini.

Kedua yang paling sering digunakan adalah FreeDOS. FreeDOS merupakan DOS yang diberikan dengan tujuan untuk menjalankan perangkat komputer sebelum diinstall sistem operasi berbasis antarmuka. FreeDOS termasuk dalam sistem operasi yang Open Source sehingga bisa boleh digunakan oleh seluruh perangkat komputer yang mendukungnya. Ini alasan mengapa banyak laptop atau notebook yang dijual bertuliskan FreeDOS di bagian tabel spesifikasinya.

FreeDOS menjadi lanjutan dari MS-DOS yang dikembangkan pada tahun 1994.

FreeDOS dibuat untuk menggantikan MS-DOS yang berhenti berkembang dan berganti Microsoft Windows. FreeDOS sendiri dapat boot hanya menggunakan Flash Drive saja. Itulah mengapa para produsen khususnya laptop dan notebook memberikan FreeDOS dalam paket penjualan.

Selain MS-DOS dan FreeDOS, masih banyak jenis DOS lainnya. Contohnya seperti IBM PC-DOS yang merupakan singkatan dari (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System). DR-DOS yang merupakan singkatan dari (Digital Research Disk Operating System), Novell Personal Netware, dan Caldera DOS.

Dari sekian banyak DOS, yang paling umum digunakan hingga saat ini adalah FreeDOS. Kita bisa menemukan FreeDOS ini bahkan di semua laptop atau notebook yang belum diberikan sistem operasi Windows bawaan pabrik.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Apa Itu DOS? Berikut Pengertian, Perintah, dan Jenis-Jenis DOS"

Berlangganan via Email