Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Air Conditioner (AC) Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan cara mengatasi AC tidak dingin

Kita hidup di negara beriklim tropis. Negara dengan iklim tropis seperti Indonesia akan mengalami peningkatan suhu udara sepanjang tahun. Hal ini membuat kita (terutama yang tinggal di area perkotaan) menjadi kepanasan saat berada di rumah.

Untungnya, teknologi sudah semakin modern. Kita bisa mendinginkan ruangan dengan menggunakan Air Conditioner (AC). Banyak orang yang memasang Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan ruangan di rumahnya.


Apa itu Air Conditioner (AC)?

Air Conditioner (AC) adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mendinginkan udara dengan memanfaatkan freon. Air Conditioner (AC) banyak ditemukan di rumah-rumah dan mobil. Perkembangan teknologi Air Conditioner (AC) pertama kali diciptakan pada tahun 1902.

Namun konsep Air Conditioner (AC) pertama kali diciptakan pada zaman Romawi kuno. Pada saat itu para penduduk Romawi kuno membuat terowongan di dinding rumah dan dialiri air dengan tujuan untuk mendinginkan rumah mereka pada saat musim panas.

Air Conditioner (AC) zaman sekarang seringkali mengalami masalah. Masalah yang paling sering ditemukan adalah Air Conditioner (AC) yang tidak dingin dan hanya mengeluarkan udara biasa saja. Kasus ini sering terjadi pada Air Conditioner (AC) yang telah lama digunakan. Bagaimana cara mengatasinya?


Cara Memperbaiki dan Penyebab Air Conditioner (AC) Tidak Dingin

Berikut beberapa penyebab yang membuat Air Conditioner (AC) menjadi tidak dingin dan hanya mengeluarkan udara saja beserta dengan cara memperbagiki atau mengatasinya.


1. Refrigerant/Freon Air Conditioner (AC) yang Habis atau Bocor

Penyebab Air Conditioner (AC) tidak dingin yang paling sering adalah karena freon yang habis atau bocor. Refrigerant atau yang biasa disebut freon merupakan suatu gas yang mengandung senyawa klorin, hidrogen, dan broming. Florin berguna pada proses pendinginan pada Air Conditioner (AC).

Freon yang habis atau bocor akan membuat udara yang dihasilkan Air Conditioner (AC) menjadi tidak dingin. Salah satu ciri freon bocor ditandai dengan adanya gumpalan es pada bagian pipa AC serta timbulnya suara mendesis saat Air Conditioner (AC) dinyalakan.

Cara mengatasi: Hubungi atau bawa Air Conditioner (AC) ke tempat service untuk memperbaikinya.


2. Filter Air Conditioner (AC) yang Kotor

Penyebab Air Conditioner (AC) tidak dingin kedua adalah filter pada Air Conditioner (AC) yang kotor. Filter pada Air Conditioner (AC) berguna untuk menyaring kotoran udara sehingga udara yang dikeluarkan menjadi lebih bersih. Semakin lama pemakaian Air Conditioner (AC), maka filter akan semakin kotor. Kotoran pada filter inilah yang membuat udara pada Air Conditioner (AC) menjadi tidak dingin.

Cara mengatasi: Bersihkan filter Air Conditioner (AC) secara rutin, jika kondisi filter sudah terlalu parah segera ganti filter yang baru.


3. Kondensor Air Conditioner (AC) yang Kotor

Penyebab Air Conditioner (AC) tidak dingin ketiga adalah kondensor yang kotor. Sama seperti filter Air Conditioner (AC), kondensor juga rawan tertutup oleh debu. Kondensor adalah komponen pada Air Conditioner (AC) yang berguna untuk mendinginkan freon yang berasal dari kompresor dan diteruskan menuju pipa ekspansi.

Cara mengatasi: Bersihkan kondensor Air Conditioner (AC) secara rutin.


4. Kabel Kompresor Air Conditioner (AC) Putus

Penyebab Air Conditioner (AC) yang tidak dingin ketiga adalah kabel kompresor yang putus. Kabel kompresor Air Conditioner (AC) seringkali putus. Penyebabnya biasanya karena Air Conditioner (AC) terlalu dipaksakan pengoperasiannya. Seperti dipaksa untuk mendinginkan ruangan besar yang tidak sesuai dengan kapasitas Air Conditioner (AC) itu sendiri. Hal ini bisa menyebabkan kabel pada kompresor terbakar dan putus.

Kabel kompresor Air Conditioner (AC) yang putus akan menyebabkan kipas menjadi tidak berputar. Akibatnya, Air Conditioner (AC) menjadi tidak dingin karena kompresor mati.

Cara mengatasi: Hubungi atau bawa Air Conditioner (AC) ke tempat service untuk memperbaikinya.


5. Human Error

Penyebab Air Conditioner (AC) yang tidak dingin terakhir adalah Human Error. Human Error atau kesalahan pengguna saat menggunakan Air Conditioner (AC) bisa menyebabkan Air Conditioner (AC) menjadi tidak dingin. Beberapa contoh kasus Human Error yang sering ditemui antara lain.

  • Menggunakan Air Conditioner (AC) saat pintu dan jendela terbuka
  • Menggunakan Air Conditioner (AC) yang tidak sesuai dengan luas ruangan
  • Menyetel suhu Air Conditioner (AC) yang lebih tinggi dari suhu ruangan

Beberapa contoh kasus seperti di atas seringkali dilakukan oleh para pengguna.

Cara mengatasi: Teliti saat menggunakan Air Conditioner (AC).

Itu dia penyebab beserta cara untuk mengatasi dan memperbaiki Air Conditioner (AC) yang tidak dingin. Jika kerusakannya serius lebih baik bawa ke tempat service Air Conditioner (AC) yang terpercaya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Air Conditioner (AC) Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya"

Berlangganan via Email