Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Cegah Baterai Smartphone Kembung dan Bocor dengan Tips Ini

Tips charger baterai smartphone agar tidak cepat kembung

Smartphone merupakan benda yang setiap hari kita pakai di hampir semua kegiatan di kehidupan kita sehari-hari. Smartphone sangat membantu serta berperan penting di hidup kita. Seperti halnya berkomunikasi, mendengarkan musik, menonton video, hingga bermain game.

Semua alat elektronik nirkabel tentu saja membutuhkan daya. Daya yang ada di smartphone diambil dari baterai. Teknologi baterai pun terus menerus mengalami perkembangan. Dari zaman baterai yang tidak bisa diisi ulang atau biasa disebut dengan baterai kering hingga baterai yang bisa diisi ulang seperti yang ada di smartphone saat ini.

Bahkan smartphone di zaman sekarang ini memiliki kapasitas yang luar biasa besar. Kebanyakan smartphone Entry - Mid end menggunakan baterai berukuran 4000-6000mAh. Sangat besar untuk ukuran baterai smartphone.

Tren baterai besar di smartphone saat ini kelihatannya sedang naik daun. Terbukti semua brand smartphone berlomba-lomba membuat smartphone dengan baterai badak yang bisa tahan seharian atau bahkan lebih.

Di smartphone sendiri ada dua jenis baterai ynag pertama ada bateri berjenis lipo dan yang kedua ada baterai berjenis lion. Ingin tahu perbedaan keduanya?


Perbedaan Baterai Lipo dan Lion yang ada di Smartphone

Produsen smartphone masing-masing memasukkan jenis baterai yang berbeda untuk setiap produknya. Ada dua jenis baterai di smartphone yaitu lipo dan lion. Jenis baterai smartphone kalian bisa kalian lihat melalui aplikasi Device info HW atau bisa langsung membongkar dan melihat tulisan jenis baterai yang kalian pakai.

Baterai Lipo dan Lion memiliki perbedaan. Masing masing dari kedua jenis baterai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ini dia perbedaan antara baterai jenis Lipo dan baterai jenis Lion.


Baterai Jenis Lipo

Lipo merupakan singkatan dari Lihium Polymer. Jenis baterai ini banyak digunakan oleh smartphone Flagship karena daya tahannya yang lebih tinggi ketimbang Lion. Berikut kelebihan baterai berjenis Lipo:

  • Lebih tahan terhadap panas
  • Masa pakai yang lebih lama
  • Ramah lingkungan
  • Bobot lebih ringan
  • Relatif mempunyai suhu yang lebih dingin saat digunakan

Kekurangan baterai berjenis Lipo:

  • Biaya produksi mahal
  • Harga baterai mahal
  • Butuh perawatan khusus (tidak boleh dihabiskan baru dicas)


Baterai Jenis Lion

Lion merupakan singkatan dari Lithium Ion. Jenis baterai ini lebih umum kita jumpai di kebanyakan smartphone. Berikut kelebihan baterai jenis Lion:

  • Harga baterai lebih murah
  • Sering umum digunakan di perangkat nirkabel (powerbank, senter, remote, dll)
  • Suku cadang mudah ditemukan

Kekurangan baterai jenis Lion:

  • Tidak tahan terhadap suhu panas
  • Cenderung tidak ramah lingkungan
  • Usia baterai lebih pendek
  • Lebih rentan mengembung/kembung/bocor


Cara Mencegah Terjadinya Baterai Smartphone yang Kembung dan Bocor

Berbicara mengenai baterai smartphone yang kembung dan bocor. Kalian pasti sering menemukan atau bahkan smartphone kalian baterainya kembung bukan? Jika iya ada beberapa sebab baterai di smartphone kalian kembung.

Sebab yang pertama adalah pemakaian. Baterai smartphone sendiri memiliki masa pakai. Dimana jika masa pakai baterai tersebut sudah habis maka baterai tersebut akan mengembung dan kehilangan dayanya.

Sebab yang kedua adalah penggunaan yang ekstrim. Maksud dari ekstrim bagaimana? Maksud dari ekstrim disini adalah kalian menggunakan smartphone kalian secara terus menerus tanpa memperhatikan suhu smartphone. Seperti saat bermain game berat misalnya.

Ada beberapa tips untuk mencegah hal itu terjadi. Ini dia beberapa tips untuk mencegah terjadinya baterai smartphone yang kembung diantaranya.


1. Jangan Dimainkan saat Smartphone Dicas

Hal yang paling sering kita temukan adalah memainkan smartphone dalam kondiri saat sedang dicas. Baterai yang sedang dicas sambil dimainkan apalagi sambil bermain game, hal ini akan memperpendek umur baterai. Jangan pernah sekali-kali memainkan smartphone kalian saat sedang dicas kecuali dalam kondisi yang darurat.

Baterai akan mengalami kenaikkan suhu saat sedang dicas. Bayangkan saja saat suhu baterai naik, dan smartphone kalian gunakan. Apa yang terjadi? Tentu saja suhu akan semakin tinggi. Lebih baik tunggu baterai penuh terlebih dahulu baru kalian bisa memainkan smartphone kalian lagi.


2. Mengecas di Lantai

Masih ada kaitannya dengan suhu baterai. Sebaiknya jika kalian sedang mengisi daya smartphone, letakkan smartphone kalian di lantai (tanpa karpet). Hal ini untuk menjaga suhu baterai tetap dingin karena menempel ke lantai. Tips ini boleh kalian hiraukan jika suhu ruangan kalian sudah dingin.

Suhu yang dingin akan membuat baterai kalian lebih tahan lama dan awet selama bertahun-tahun pemakaian. Apalagi jika smartphone kalian menggunakan bateri berjenis Lion yang sangat sensitif terhadap suhu yang tinggi.


3. Gunakan Charger Original

Menggunakan charger original bawaan smartphone tak kalah pentingnya demi mencegah baterai smartphone yang kembung. Hal ini karena arus dari charger smartphone bawaan sudah diatur dan dicocokkan dengan baterai yang digunakan di smartphone tersebut.

Apabila kalian kehilangan atau tidak punya charger bawaan smartphone yang kalian pakai, kalian bisa membeli charger dengan mencocokkan arus yang dibutuhkan oleh baterai di smartphone kalian dan jangan sampai berlebihan karena dapat menyebabkan baterai cepat kembung dan bocor.


4. Matikan saat Smartphone Dicas

Tips yang keempat adalah mematikan smartphone kalian saat sedang dicas. Smartphone yang dicas dalam kondisi mati akan menerima daya yang maksimal dan lebih stabil sehingga pengisian daya akan lebih cepat penuh ketimbang mengecas saat smartphone menyala.


5. Menyalakan Mode Pesawat

Hampir sama dengan mematikan smartphona. Jika kalian mnyalakan mode pesawat, smartphone kalian akan lebih cepat terisi karena beban smartphone kalian berkurang karena tidak mencari sinyal.


6. Gunakan Baterai Original

Menggunakan baterai original tidak kalah pending dengan menggunakan charger smartphone yang original. Baterai original telah disesuaikan dayanya untuk mensuplai daya ke Hardware di smartphone kalian. Jika susah mencari baterai yang original, kalian bisa menghubungi Service Center sesuai dengan merk smartphone kalian.

Baterai smartphone yang tidak original atau yang "abal-abal" akan merusak Hardware di smartphone kalian (tidak semua merk baterai). Jika ada konsleting arus pendek di baterai "abal-abal" yang kalian pakai, bisa saja smartphone kalian meledak dan terbakar. Ngeri kan.


7. Isi Daya Hingga Penuh

Kebanyakan orang tidak mengetahui dan menyepelekan hal yang satu ini. Baterai smartphone harus diisi hingga penuh (100%) untuk mempertahankan masa pakai baterai tersebut. Jika baterai dicabut sebelum penuh, masa pakai baterai di smartphone kalian akan berkurang terutama untuk jenis baterai Lion.


8. Cas Saat Kurang dari 30%

Ini juga tidak kalah pentingnya. Keadaan pengisian daya baterai smartphone yang baik adalah saat baterai kurang dari 30% atau kurang lebih seperempat dari kapasitas baterai smartphone. Jangan sekali-kali mengisi daya saat kapasitas baterai di smartphone kalian masih banyak. Hal ini akan memperpendek masa pakai dan membuat baterai menjadi cepat mengembung.

Sekian dari saya, semoga bemanfaat unuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "8 Cara Cegah Baterai Smartphone Kembung dan Bocor dengan Tips Ini"

Berlangganan via Email