Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengecas Smartband/Smartwatch agar Baterai Tidak Cepat Kembung

Tips charger smartband dan smartwatch agar baterai tidak cepat kembung

Nama smartband memang sedang naik daun belakangan ini. Smartband merupakan gelang pintar yang di dalamnya terdapat banyak sekali fitur yang menunjang kegiatan kita sehari-hari. Beberapa fitur standar pada smartband seperti mengecek denyut jantung, menghitung jumlah langkah, menghitung jarak tempuh, dan lain sebagainya.

Para produsen smartphone kini berlomba-lomba dalam menciptakan smartband dan smartwatch. Salah satu brand yang rajin membuat smartband adalah Xiaomi dan Honor. Kedua brand tersebut merilis versi gelang pintar terbaru mereka setiap tahunnya.

Harga smartband jauh lebih murah jika dibandingkan dengan smartwatch. Hal ini karena smartband memiliki ukuran yang lebih ringkas dan fiturnya dibuat seminimalis mungkin. Sementara smartwatch didesain dengan ukuran yang mirip dengan jam tangan dan lebih banyak fitur di dalamnya yang bertujuan untuk menunjang aktivitas penggunanya.

Meskipun harga smartband lebih murah dibandingkan dengan smartwatch, namun smartband memiliki salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh smartwatch yaitu daya tahan baterai. Tak bisa dipungkiri, daya tahan baterai pada smartband jauh lebih lama dibandingkan dengan smartwatch. Hal ini karena smartband memiliki layar yang lebih ringkas serta fitur yang minimalis.


Cara Mengecas Smartband dan Smartwatch agar Baterai Lebih Tahan Lama

Seperti yang kita tahu, baterai merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada perangkat nirkabel. Tanpa adanya baterai, perangkat nirkabel seperti smartphone laptop, smartband, smartwatch, dan lain-lain tidak akan bisa bekerja.

Di dalam smartband, ukuran baterai yang ada di dalamnya sekitar 10-200mAh tergantung dari seri dan merk smartband tersebut. Dengan ukuran tersebut, smartband mampu bertahan kurang lebih satu mingguan untuk sekali cas.

Mengecas smartband juga tidak sembarangan. Karena kapasitas baterainya kecil, smartband harus di cas dengan arus listrik yang kecil agar baterai smartband tidak cepat rusak. Arus yang besar akan membuat baterai smartband cepat rusak dan kembung (hamil) sehingga daya tahan baterainya tidak lama lagi.

Setidaknya ada dua cara untuk mengecas smartband agar baterainya lebih awet dan tahan lama.


#1. Mengecas Menggunakan Laptop/PC

Mengecas smartband menggunakan laptop

Yang pertama adalah dengan mengecas smartband menggunakan laptop atau PC. Jika port USB biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti mouse, keyboard, media penyimpanan eksternal ke laptop atau PC. Ternyata port USB juga bisa digunakan untuk mengecas perangkat.

Arus yang disalurkan pada port USB pada laptop atau PC sangatlah kecil. Arus tersebut sangat cocok untuk kalian gunakan untuk mengecas perangkat nirkabel yang membutuhkan arus kecil seperti smartband dan smartwatch.

Pilih port USB dengan tipe USB 2.0 karena tiper USB tersebut lebih mengeluarkan daya atau arus listrik yang lebih sedikit dibandingkan dengan USB 3.0 dan 3.1.


#2. Mengecas Menggunakan Power Bank

Mengecas smartband menggunakan Power Bank

Yang kedua adalah mengecas dengan menggunakan Power Bank. Power Bank merupakan perangkat yang berguna sebagai cadangan daya. Power Bank juga bisa digunakan untuk mengecas smartband atau smartwatch. Pilihlah Power Bank yang mempunyai arus tegangan listrik maksimal 1 Ampere. Karena arus yang terlalu besar akan menyebabkan baterai smartband menjadi kembung.

Gunakan juga Power Bank dengan merk yang jelas seperti Anker, Acmic, Aukey, Zola, dan lain sebaginya. Karena Power Bank abal-abal bisa saja mengeluarkan arus yang tidak stabil sehingga dapat membuat baterai smartband kalian cepat rusak.


Kesimpulan

Itu dia cara untuk mengecas smartband dan smartwatch agar baterainya awet dan tidak gampang kembung. Kalian harus menghindari untuk mengecas smartband atau smartwatch dengan menggunakan charger smartphone karena chager smartphone (khususnya smartphone kelauran terbaru) mempunyai output arus yang besar.

Arus yang berlebihan memang dapat mengecas smartband dan smartwatch lebih cepat, namun hal tersebut justru membuat baterai smartband dan smartwatch cepat rusak dan kembung. Jika baterai smartband atau smartwatch sudah kembung, maka kalian haru membeli smartband atau smartwatch yang baru. Karena hampir tidak ada yang menjual baterai smartband dan smartwatch secara terpisah.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Tips Mengecas Smartband/Smartwatch agar Baterai Tidak Cepat Kembung"

Berlangganan via Email