Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab, Jenis, dan Cara Mengatasi Virus yang ada di Komputer (PC)

Penyebab, jenis, dan cara mengatasi virus di komputer (PC)

Di dalam hidup, kita tidak luput dari adanya orang-orang jahil. Banyak orang jahil yang memanfaatkan atau mengambil keuntungan dari orang lain secara ilegal. Salah satu buktinya adalah adanya virus pada komputer (PC).

Virus adalah suatu program yang dibuat dan memiliki tujuan untuk mengambil keuntungan dari orang lain dengan mengambil, merampas, bahkan merusak komputer (PC) seseorang. Virus merupakan program yang dapat bergerak sendiri dengan cara menginfeksi komputer (PC) korbannya.

Adanya virus ini tentu sangat membuat resah terutama bagi user komputer (PC) karena semakin berkembangnya teknologi, virus juga terus ikut berkembang. Sekarang ini banyak virus yang tidak hanya menambil data pengguna, ada juga virus yang tujuannya untuk mengunci file dan meminta tebusan kepada korbannya.

Memang, kita bisa mencegah adanya virus dengan menginstall program atau software antivirus di komputer (PC). Namun, tidak semua antivirus dapat menghapus dan menghilangkan semua virus yang ada di komputer (PC). Ada beberapa virus yang sangat susah untuk terdetiksi oleh antivirus sekalipun.


Penyebab Komputer Terinfeksi Virus

Adanya virus, tidak serta merta karena ada orang yang sengaja memasukkan virus ke dalam komputer (PC) kita. Virus juga bisa disebabkan karena kelalaian kita sendiri sebagai pengguna komputer (PC). Tahukah kalian ada beberapa kebiasaan yang membuat virus mudah masuk ke dalam komputer (PC) kita? berikut adalah beberapa penyebab adanya virus di komputer (PC).


1. Tidak Menginstall Antivirus

Penyebab yang paling umum dan paling sering ditemui adalah tidak adanya antivirus pada komputer. Antivirus merupakan program atau software wajib yang harus ada di komputer. Selain berfungsi untuk menangkal virus, antivirus juga dapat digunakan untuk menghapus dan menghilangkan virus yang ada di komputer kita.

Banyak sekali antivirus yang mempunyai fitur lengkap seperti Bitdefender atau Kaspersky. Jika kalian belum menginstall antivirus, ada baiknya kalian menginstall salah satu antivirus yang telah direkomendasikan.


2. Masuk ke Situs Berbahaya

Asal usul adanya virus yang paling besar adalah saat kita berselancar di internet. Perlu diketahui, tidak semua situs yang ada di internet itu aman. Banyak sekali situs yang telah disisipi oleh virus tertentu sehingga membuat siapapun yang mengunjungi situs tersebut akan terinfeksi oleh virus komputer.

Kalian harus memperhatikan tentang keamanan situs yang kalian buka. Jangan membuka suatu situs tidak jelas yang biasanya tersebar di internet.


3. Mengklik Tautan Email yang Tidak Jelas Pengirimnya

Belakangan ini, kita dihebohkan dengan kasus YouTuber yang kehilangan akun mereka. Usut punya usut, mereka membuka suatu link yang ada di email sebelum kehilangan akun mereka. Hal ini bisa terjadi karena ada yang menyisipkan script pada email.

Hal ini juga bisa digunakan untuk membuat atau menyisipkan virus pada pesan email. Lebih baik kalian jangan membuka dan mengklik tautan pada email yang tidak jelas pengirimnya. Karena bisa saja email tersebut berisikan script virus.


Jenis-Jenis dan Cara Mengatasi/Mencegah Virus pada Komputer

Sebagai sesama pengguna komputer (PC) yang sangat rentan terhadap serangan virus. Ada baiknya jika kita saling berbagi informasi mengenai jenis-jenis virus dan cara mengatasi atau mencegah virus agar tidak menginfeksi komputer (PC) kita.

Berikut beberapa data jenis-jenis virus dan cara mengatasinya.


1. Worm Virus

Virus Worm. Seperti namanya, yaitu Worm yang berarti "Cacing" dalam Bahasa Indonesia. Virus ini disebut virus cacing karena virus ini mampu menduplikasi atau menggandakan diri. Virus jenis ini menyerang memori penyimpanan dan RAM sehingga memori dan RAM akan cepat penuh.

Sebenarnya virus ini tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan penyimpanan di PC kita penuh karena sifat virus ini yang terus menerus menduplikasi diri menjadi makin banyak.

Virus Worm ini menyebar melalui jaringan internet yang kurang aman. Cara mengatasinya kalian bisa menggunakan antivirus pada umumnya.


2. Trojan Virus

Trojan, siapa yang tidak mengenal nama virus yang satu ini. Hampir semua pengguna PC pasti tahu tentang virus Trojan. Virus Trojan merupakan virus yang paling sering dijumpai. Virus jenis ini banyak menyebar melalui software crack, website, atau apapun selama berhubungan dengan inernet.

Virus ini mernyerang data pengguna dan mampu mencuri serta mengendalikan data yang ada di PC kita. Untuk mencegahnya, kita bisa menggunakan browser yang aman, memakai Trojan hunter, dan tidak menginstall software crack.


3. Web Scripting Virus

Web Scripting Virus. Sesuai dengan namanya, virus jenis ini biasa berada pada website. Cara kerja virus ini adalah dengan melakukan scripting ke browser PC yang membuatnya menjadi lambat dan menganggu kerja sistem operasi.

Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan browser yang memiliki proteksi bawaan atau bisa juga melakukan scanning menggunakan antivirus.


4. Multipartile Virus

Multipartile Virus adalah jenis virus yang menyerang media penyimpanan PC seperti HDD dan RAM. Virus jenis ini sangat cepat menyebar dan berbahaya jika terlalu lama dibiarkan.

Jika dibiarkan terus menerus, virus ini dapat membuat media penyimpanan kita menjadi error dan harus diformat. Untuk cara mengatasinya bisa menggunakan antivirus dan rajin melakukan defragment terutama pada Harddisk.


5. Memory Resident Virus

Sama dengan Multipartile Virus, Memory Resident virus juga menyerang media penyimpanan terutama RAM. Virus ini dapat memakan RAM PC kita sehingga PC menjadi lelet atau lemot.

Cara mengatasinya bisa menggunakan antivirus dan tidak menginstall software crack.


6. FAT Virus

FAT virus merupakan singkatan dari File Allocation Table Virus yang berarti virus ini dapat merusak file-file yang ada di PC kita. FAT virus biasa bersembunyi pada file-file di media penyimpanan.

Cara kerja virus ini adalah dengan menyembunyikan file-file tertentu pada PC kita dan membuat file tersebut seolah-olah hilang atau terhapus. Untuk mengatasi virus ini bisa dilakukan dengan cara tidak menyimpan file "aneh" yang kita unduh di situs yang tidak jelas dan rajin melakukan scan menggunakan antivirus.


7. Companion Virus

Hampir sama dengan virus-virus kebanyakan, Companion virus juga menyerang data pribadi pengguna. Companion virus biasanya tersembunyi pada media penyimpanan seperti HDD atau SSD. Virus ini cukup sulit untuk terdeteksi.

Salah satu tanda bahwa PC kita terkena virus ini adalah file-file di PC kita berubah-ubah ekstensinya misal dari yang semula memiliki ekstensi (.mp3) menjadi (.jpg) atau yang lainnya. Untuk mengatasi virus jenis ini kita bisa menggunakan antivirus dan rajin menyeleksi file-file yang ada di PC kita.


8. Backdoor Virus

Backdoor virus. Sesuai dengan namanya virus jenis ini mampu mengakses sistem, software, bahkan jaringan yang ada di PC kita. Virus ini sulit untuk ditemukan karena biasa menyamar menjadi software atau game. Cara mengatasinya bisa menggunakan antivirus seperti Bitdefender, Kaspersky, dan lain sebagainya.


9. Directory Virus

Directory virus juga merupakan salah satu virus yang menyerang file-file terutama menginfeksi file dengan ekstensi instalasi software yaitu (.exe). Virus ini dapat membuat program atau software yang ada di PC menjadi lelet bahkan crash.

Jika PC kita sudah terkena virus jenis ini, sangat sulit untuk memperbaikinya. Cara satu-satunya adalah dengan melalukan install ulang dan membersihkan seluruh partisi sistem operasi.


10. Macro Virus

Macro Virus.  Macro virus ini menyerang  file macro seperti file (.pps), (.xls), dan lain-lainnya. Cara mencegah virus ini adalah dengan tidak membuka sembarang email dan mengeklik tautan yang ada di dalam email yang tidak jelas. Jika sudah terinfeksi virus ini, kalian bisa melakukan scan menggunakan antivirus.

Setelah mengetahui penyebab, jenis-jenis, dan cara mengatasi virus di komputer (PC). Kalian harus lebih berhati hari terutama saat berselancar di internet dan rajin melakukan scanning menggunakan antivirus karena virus komputer bisa datang tanpa kita duga.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Penyebab, Jenis, dan Cara Mengatasi Virus yang ada di Komputer (PC)"

Berlangganan via Email